Site icon ROVINDO

Asuransi Mobil Vs Asuransi Jiwa, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya!

Meski merupakan dua produk asuransi yang berbeda, asuransi mobil dan asuransi jiwa merupakan dua jenis dari asuransi umum dan asuransi jiwa.

 

 

Sementara itu, asuransi jiwa tidak hanya memberikan manfaat secara finansial saja, melainkan memberikan manfaat pada tertanggung dan ahli warisnya.

 

 

Buat lebih jelasnya mengenai dua produk asuransi ini dan perbedaannya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu asuransi.

Apa Itu Asuransi?

Mengacu pada situs OJK, asuransi adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan Asuransi (sebagai penanggung) dan masyarakat (sebagai pemegang polis).

 

Hak dan kewajiban antara jasa layanan Asuransi dan pemegang polis sudah diatur. Di mana pemegang polis berhak mendapatkan proteksi atas penggantian kehilangan, kerusakan, hingga kematian dari penyedia jasa layanan Asuransi.

 

Namun, hak akan diperoleh ketika pemegang polis melakukan kewajiban pembayaran premi kepada pihak perusahaan asuransi.

 

Pada dasarnya, asuransi menawarkan manfaat yang baik dalam meminimalisasi risiko akan ketidakpastian yang datang tanpa diduga.

Asuransi Mobil dan Asuransi Jiwa, Ini Perbedaannya

Asuransi mobil merupakan asuransi yang memberikan jaminan pergantian dan atau perbaikan kerusakan mobil atau kendaraan.

 

Sementara itu, asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggal dunia.

Polis Asuransi Mobil

Untuk asuransi mobil atau asuransi kendaraan, polis asuransinya fokus pada perbaikan kerusakan sehingga pengendara tidak mengalami kerugian yang terlalu besar.

 

Polis asuransi mobil atau asuransi kendaraan masih terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi mobil All Risk atau comprehensive dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Asuransi Mobil All Risk

 

Asuransi mobil All Risk adalah asuransi kendaraan yang akan meng-cover semua jenis kerusakan mobil, baik kerusakan ringan maupun kerusakan berat. Karena itu, biaya premi asuransi mobil all risk jauh lebih tinggi dibandingkan asuransi TLO.

 

Selain itu, tidak semua jenis mobil akan diterima di polis asuransi All Risk. Biasanya, hanya mobil-mobil keluaran terbaru saja yang bisa diterima dengan asuransi jenis ini.

Asuransi TLO (Total Loss Only)

Polis asuransi mobil TLO hanya akan menggantikan kerugian total bila kerusakan mobil minimal 75% atau lebih. Pencurian mobil juga termasuk kerusakan dengan total jumlah kerugian lebih dari 75%.

 

Artinya, polis asuransi ini tidak akan mengganti kerusakan ringan meski mobil mogok dan tidak bisa dipakai lagi sampai diperbaiki.

 

Dengan polis asuransi mobil TLO, Anda memang tetap harus membayar biaya service mobil sendiri. Namun premi yang wajib dibayar tiap tahun jadi lebih sedikit.

 

Selain itu, hampir semua mobil bisa dilindungi dengan asuransi TLO, bahkan mobil tua yang hanya punya harga kolektor.

Polis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa juga memiliki detail polis yang berbeda-beda. Selain itu, ada 2 jenis asuransi jiwa lainnya dengan detail polis yang beragam, yaitu:

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka adalah jenis polis asuransi dengan jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan keinginan atau pilihan produk yang disediakan oleh perusahaan.

 

Polis dari asuransi jiwa ini hanya akan berlaku dalam masa kontrak yang terbatas. Ketika pemegang polis meninggal setelah masa kontrak polis sudah habis, maka perusahaan tidak bisa memberikan pertanggungan kepada ahli waris.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup memberikan keuntungan dan pertanggungan yang serupa dengan asuransi jiwa berjangka. Bedanya, polis pada asuransi ini berlaku seumur hidup, selama pemegang polis tidak melanggar ketentuan yang tertulis di dalamnya.

 

Asuransi jiwa berjangka adalah jenis asuransi jiwa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Asuransi Jiwa Dwiguna

 

Polis asuransi berikutnya ini juga punya masa kontrak terbatas seperti asuransi jiwa berjangka. Hanya saja, bila pada masa kontrak berakhir pemegang polis masih sehat, maka uang pertanggungan akan diberikan kepada tertanggung.

 

Ada kelebihan dan kekurangan dari polis asuransi ini. Salah satu kekurangannya adalah biaya premi yang biasanya lebih besar.

Asuransi Jiwa Unit Link

 

Asuransi unit link menggabungkan dana perlindungan serta dana investasi dalam satu polis, yaitu.

 

Pemegang polis asuransi ini akan mendapatkan pertanggungan ketika ia meninggal, serta memiliki dana investasi yang dikumpulkan dari premi tiap tahun.

 

The post Asuransi Mobil Vs Asuransi Jiwa, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya! appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version