Site icon ROVINDO

Andi Utta Pimpin Apel Siaga SP

Sensus Pertanian Tahun 2023 (ST-2023) segera dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Bulukumba. Rencananya, ST-2023 mulai dilaksanakan pada 1 Juni-31 Juli mendatang. Apel Siaga ditandai dengan pembacaan Ikrar Petugas Sensus sebagai bentuk komitmen untuk melaksanakan tugas dengan jujur dan penuh tanggungjawab. Bupati didampingi Wabup Andi Edy Manaf.
Andi Utta menyampaikan tujuan dari Sensus Pertanian adalah memberikan gambaran secara komprehensif mengenai kondisi pertanian di Indonesia hingga tingkat wilayah terkecil. Sensus Pertanian juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas data statistik pertanian sebagai kerangka sampel survei pertanian dan acuan statistik pertanian.

“Sensus Pertanian juga menjadi landasan penting dalam penyusunan kebijakan strategis di sektor pertanian,” ungkapnya.
Kebijakan strategis itu diantaranya distribusi pupuk bersubsidi yang efektif dan efisien, serta penyediaan basis data UMKM sektor pertanian. Begitu pula kelembagaan di sektor pertanian, penting ada pemetaan melalui sensus seperti apa keberadaan dan fungsi kelompok tani saat ini.
“Jangan sampai kelompok tani itu terbentuk hanya untuk kepentingan pribadi ketuanya saja. Setelah bantuan turun, anggotanya tidak diberdayakan,” bebernya.

The post Andi Utta Pimpin Apel Siaga SP appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version