Site icon ROVINDO

Andi Rio dan Andi Akmal Masih Mendominasi Medsos

BONE, BKM–Kontestasi pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Bone 27 November terus menarik perhatian, lantaran banyak bakal calon yang dinilai siap dan sangat layak maju.

Terbaru lembaga sosial media (Medsos) monitoring merilis hasil survei yang dilaksanan tanggal 1 hingga 10 Mei 2024 lalu, dengan sumber data dari berita media online dan postingan media online.
Terdapat 1.360 data setelah dilakukan proses pembersihan yang berhubungan dengan bakal calon. Dari data yang ada kemudian diolah dengan aplikasi kecerdasan buatan untuk menentukan sentimen dan jumlah share of voice diantara bakal calon yang dimonitoring

Adapun bakal calon bupati yang dimonitoring adalah politisi PKS Andi Akmal Pasluddin, politisi Golkar Andi Rio Padjalangi, Andi Asman Sulaiman, Andi Islamuddin dan Yasir Machmud.
Dari kelima bakal calon bupati ini, diperoleh hasil Andi Rio masih unggul dengan jumlah share of voice 32,13% disusul Andi Akmal 23,09% dan diposisi ketiga Yasir Machmud 5,22%.
“Share of voice ini kita kenal sebagai jumlah perbandingan informasi pembentuk opini yang beredar dipublik yang memuat perbandingan kandidat”ujar Anwar Abu Gaza, Selasa (21/5).
Anwar yang juga penulis buku Sosial Media Politica mengatakan bahwa sentimen analisis menunjukan angka tertinggi positif ada pada Andi Akmal dengan jumlah 54% disusul Andi Asman 52% dan Andi Rio 34%, sentimen indeks ini mengambarkan isi pesan yang diterima publik dari informasi yang ada.

Monitoring ini dilakukan dengan mengambil data postingan sosial media dan berita media online, metode ini mampu merekam sumber awal (data hulu) informasi sebelum sampai ke masyarakat yang disebut dengan sumber pembentuk opini publik.
“Metode ini tentu berbeda dengan lembaga survei yang mengambil data sampling dengan turun langsung sehingga memperoleh data hilir/data akhir, walaupun berbeda, tapi dengan berbagai pendekatan ilmiah, sejogjanya temuan pada monitoring ini akan sama dengan temuan lembaga survei,”pungkas Anwar Abu Gaza. (rif)

source

Exit mobile version