Amri Arsyid Merasa AMAN Ditemani Istri
axel wiryanto
Thursday, 03 October 2024 08:31 am
dibaca 18 kali

MAKASSAR, BKM–Di balik pria sukses, ada perempuan hebat di belakang calon wali kota Makassar nomor urut empat Amri Arsyid.
Dialah Ruchwana Tenrisima, wanita yang telah mendampingi Amri selama seperempat abad. Tampil sederhana dan bersahaja, ia selalu menemani Amri termasuk saat melakukan kunjungan ke para simpatisan AMAN selama Pilwali Makassar.

Siapa sangka perempuan kelahiran 1973 tersebut ternyata teman masa remaja Amri yang memiliki latar pendidikan yang sama yakni sarjana pertanian. Ruchwana merupakan lulusan Unhas Makassar, sementara Amri adalah alumni Institut Pertanian Bogor (IPB).
Ruchwana mengetahui nama Amri sejak di bangku kuliah dari sebuah lagu. Saat itu ia diminta memberi masukan lagu gubahan Amri, namun ia mengaku saat itu belum pernah bertemu langsung dan hanya kenal lewat nama.
“Awalnya saya tahu nama Pak Amri itu saat diminta seorang teman untuk memberi masukan ke lagu yang dibuatnya. Itu waktu masa – masa KKN. Tetapi saya belum pernah ketemu dengan Bapak. Nanti kami bertemu waktu ada bisnis yang mau dijalankan bersama dengan teman-teman alumni pertanian. Nah barulah di situ awal pertemuan kami,”ucap Ruchwana sambil tersenyum mengenang awal pertemuannya dengan Amri, Selasa (1/10).
Menariknya, lagu berjudul “Mahligai Cinta” gubahan Amri inilah yang menjadi awal penghubung keduanya justru meninggalkan kesan mendalam di hati Ruchwana.

“Pas setelah menikah tahun 1999, saya lalu menyanyikan kembali di depan Pak Amri lagu yang awalnya saya beri masukan itu. Tapi liriknya saya ubah sesuai dengan yang saya koreksi waktu itu,”ucapnya.
Amri yang juga politisi PKS ini mengaku akan menghadirkan program solusi pengembangan ekonomi rumahan bagi emak-emak, yakni “AMAN Modal Usaha”. Program tersebut berupa bantuan modal usaha, pelatihan, serta pemasaran hasil prodak.

“Selain modal tentu yang diperhatikan adalah keahlian, jadi perlu ada pelatihan basic yang bersertifikat, sehingga bisa sesuai apa yang diinginkan, inilah Program AMAN Modal Usaha”, kata Amri Arsyid saat menggelar pertemuan dengan puluhan emak-emak Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakukang.
Bantuan modal usaha ini akan diberikan baik secara individu atau berkelompok untuk membuat suatu UMKM. Utamanya UMKM di bidang kuliner, mengingat memasak adalah kemampuan dasar yang dimiliki emak-emak.
“Ekonomi rumahan bisa dilakukan individual atau berkelompok, misal ibu-ibu kumpul-kumpul terus buat satu produk nanti bisa dijual,” tambahnya.

Amri juga menegaskan, jika nantinya pasangan “Makassar AMAN” terpilih pada Pilwali, pemerintahannya akan membuat regulasi yang akan mendukung pemasaran UMKM. “Pemerintah perlu memastikan untuk membuat regulasi, misal mewajibkan toserba atau toko untuk mendisplay prodak UMKM, sehingga membantu pemasaran secara langsung,”ucapnya.
Program AMAN Modal Usaha ini pun mendapatkan respon positif emak-emak yang hadir. Mereka menerangkan jika rata-rata di wilayahnya hanya sedikit yang memiliki penghasilan tetap. (jun/rif)

source