Amran Panen Perdana Kepompong Ulat
axel wiryanto
Saturday, 31 December 2022 22:32 pm
dibaca 196 kali

WAJO, BKM — Bupati Wajo, Amran Mahmud mengikuti panen perdana kokon atau kepompong ulat sutera di Desa Pasaka dan Kelurahan Sompe, Kecamatan Sabbangparu, Kamis (29/122). Amran ingin keterlibatan seluruh pihak dari hulu hingga hilir dalam pengembangan sutera. Tidak hanya pemerintah, masyarakat mesti ambil bagian.

Ini demi mengembalikan kejayaan persuteraan Wajo.

”Ini demi mengembalikan kejayaan persuteraan Wajo sehingga dibutuhkan keterlibatan semua pihak,” ujar Amran.
Kokon berasal dari bantuan telur ulat Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melalui bantuan keuangan Pemprov Sulsel ke Pemkab Wajo.Amran didampingi Sekkab Wajo, Armayani, menyebut panen ini sudah lama dinantikan sehingga bisa menghasilkan kembali sutera asli seperti beberapa puluh tahun lalu.
“Kita sudah mulai dari hulu dengan penanaman bibit murbei. Kita juga sudah mendapatkan bibit meskipun masih impor dari Cina, tetapi saat ini diupayakan untuk mengembangkan indukan sendiri sehingga ada brand tersendiri yang bisa kita ciptakan,” kata Amran.

Amran juga menjelaskan bahwa untuk panen kokon ini nantinya segera dibeli dengan menggunakan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (TSLP) atau corporate social responsibility (CSR) Bank Sulselbar dan selanjutnya dibawa ke mesin pemintal untuk dipintal.

Dia menyampaikan terima kasih ke Pemprov Sulsel, khususnya Gubernur Sulsel, Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, dan Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, atas perhatiannya untuk pengembalian kejayaan sutera Wajo. Begitupun ke seluruh jajaran Pemkab Wajo, para camat, kepala desa, lurah, asosiasi sutera, masyarakat serta seluruh pihak yang turut ambil bagian.

The post Amran Panen Perdana Kepompong Ulat appeared first on Berita Kota Makassar.

source