Site icon ROVINDO

Ajiep Lirik DPR RI, Yagkin Ingin jadi Senator

MAKASSAR, BKM–Nama-nama bakal calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk pemilu legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 mendatang belum juga terlihat.

Pasalnya, hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel belum juga mengantongi nama-nama pendaftar calon DPD RI untuk Pemilu 2024 mendatang. Dapil dan Verfak Parpol KPU Sulsel, Kodiv Teknis Penyelenggaraan, M Asram Jaya mengatakan saat ini, pihaknya baru melakukan sosialisasi ke masyarakat perihal pencalonan DPD RI 2024 mendatang.
“Kita belum tahu ini. kemarin baru sosialisasi ke daerah-daerah, masyarakat yang berniat maju untuk calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,”ujar Asram Jaya, Senin (28/11).

Anggota KPU Sulsel itu, menyebut perihal syarat DPD RI di Pemilu 2024 mendatang, para calon harus memperoleh dukungan minimal 3000 dukungan warga.
“Jadi pertama syaratnya itu memperoleh dukungan minimal 3000,”ungkapnya. Hal tersebut, kata Asram berdasarkan SK jumlah penduduk Sulsel sekitar 9 juta penduduk.

“Itu berdasarkan SK jumlah penduduk. sulsel itu sekitar 9 juta DPT-nya. Draf penduduk tetapnya terakhir itu sekitar 6115 juta sekian, jadi DPTnya itu di tetapkan 3000,”jelasnya.
Lebih lanjut, Asram mengatakan dari 3000 dukungan tersebut, harus mencakup minimal di 12 kabupaten/kota di Sulsel.
“Memperoleh dukungan 3000. kemudian 12 kabupaten kota Sulsel,”jelasnya.

Sebelumnya diberitakan bila salah satu Anggota DPD RI yakni Dr Ajiep Padindang tidak lagi berniat bertarung untuk menjadi senator. Ajiep akan maju ke senayan tapi untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Ajiep akan maju lewat Partai Golkar melalui daerah pemilihan (Dapil) Sulsel I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Kepulauan selayar.
Sementara politisi PDIP Andi Yagkin Padjalangi mengaku siap menjadi senator. “Insta Allah berkas dukungan sudah terpenuhi,”ujar Andi Yakgin baru-baru ini. (jun/rif)

The post Ajiep Lirik DPR RI, Yagkin Ingin jadi Senator appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version