Waspada Kekeringan Hingga El Nino di Sulsel
axel wiryanto
Wednesday, 29 March 2023 16:44 pm
dibaca 181 kali

MAKASSAR, BKM — Awal musim kemarau diprediksi akan terjadi akhir Maret atau awal April 2023. Berbeda dengan sebelumnya, musim kemarau tahun ini berpotensi terjadi kekeringan.

Prakirawan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Rizky Yudha menerangkan, untuk wilayah Sulsel bagian barat, daerah yang diperkirakan paling awal akan memasuki musim kemarau adalah Kabupaten Takalar.
Daerah tersebut mulai memasuki kemarau pada bulan April mendatang.

Selanjutnya akan menyebar atau meluas pada bulan Mei ke wilayah lainnya yang ada di Sulsel.
Lebih jauh dikemukakan, potensi kekeringan bisa terjadi karena pada semester II, 50 hingga 60 persen terjadi El Nino. “El Nino ini dapat mengurangi curah hujan di periode musim kemarau sehingga bisa bisa lebih kering,” tambahnya.

Adapun puncak musim kemarau 2023 diprediksikan terjadi di Agustus 2023.

Menyikapi situasi tersebut BMKG menghimbau kementerian/kembaga, pemerintah daerah, institusi terkait, dan seluruh masyarakat untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau terutama di wilayah yang mengalami sifat musim kemarau bawah normal (lebih kering dibanding biasanya).

Wilayah tersebut diprediksi mengalami peningkatan risiko bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, dan kekurangan air bersih. Sehingga perlu aksi mitigasi secara komprehensif untuk mengantisipasi dampak musim kemarau yang diperkirakan akan jauh lebih kering dari tiga tahun terakhir.
Pemerintah daerah dan masyarakat dapat lebih optimal melakukan penyimpanan air pada akhir musim hujan ini untuk memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya di masyarakat melalui gerakan memanen air hujan.

The post Waspada Kekeringan Hingga El Nino di Sulsel appeared first on Berita Kota Makassar.

source