Imran Jausi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel
axel wiryanto
Wednesday, 01 March 2023 19:36 pm
dibaca 379 kali

MAKASSAR,BKM.COM–LUMBUNG pangan nasional telah disematkan kepada Sulawesi Selatan. Beras menjadi komoditi andalan daerah ini. Siapa sangka, sorgum ternyata sudah dibudidayakan pada sebagian wilayah di Sulsel.

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel Imran Jausi mengakui, selama ini tanaman pangan menjadi komoditas andalan. Hal itu disebabkan karena penduduk Indonesia mengonsumsi beras.

”Pemprov Sulsel telah melalukan langkah-langkah guna ketersediaan pangan.

Salah satunya, di tahun 2022 Pak Gubernur memprogramkan mandiri benih. Program ini lahir karena produksi beras itu sangat bergantung pada benih yang baik. Tentu ada faktor lain, namun itu semua akan dilakukan intervensi,” ujar Imran Jausi dalam wawancara untuk kanal Youtube Berita Kota Makassar.

Diakuinya, di tahun Pemprov Sulsel fokus melahirkan benih yang baik. Sebab, jika benih yang ditanam itu baik, sudah 40 persen bisa menjadi beras. Karena itu, di tahun 2023 ini program tersebut dilanjutkan.

Karena dari hasil evaluasi di tahun 2022 menunjukkan bahwa program ini sangat bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat. Khususnya bisa meningkatkan produktivitas yang luar biasa. ”Sulsel menjadi rangkin satu penyumbang ketersediaan stok pangan secara nasional,” ujarnya.

Dijelaskan Imran, program mandiri benih ini sejatinya bertujuan mengawal atau melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan benih-benih bermutu. Karena jika dibandingkan, benih biasa rerata menghasilkan 4-5 ton per hektare. Sementara jika memanfaatkan benih unggul, produktivitasnya bisa mencapai 7 ton per hektare.
Walau begitu, Imran menegaskan bahwa benih yang baik bukan satu-satunya yang mendukung peningkatan produktivitas pertanian.

Karena itu, ada banyak hal yang menjadi konsen dan perhatian. Di antaranya menjaga gerakan-gerakan pengendaliannya. Seperti terhadap organisme pengganggu tanaman.

The post Imran Jausi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel appeared first on Berita Kota Makassar.

source