Harga Beras Melonjak, Pedagang Sebut Dampak Banjir
axel wiryanto
Monday, 27 February 2023 00:30 am
dibaca 174 kali

MAKASSAR, BKM — Dalam beberapa hari terakhir, harga beras di pasaran dalam wilayah Kota Makassar mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Lonjakannya mencapai 20 hingga 30 persen.
Salah seorang warga, Aminah mengatakan, dua hari lalu dirinya membeli beras kualitas premium 5 kg seharga Rp70 ribu di salah satu pasar modern. Padahal, harga sebelumnya hanya sebesar Rp55 ribu.
“Iya, beberapa hari ini harga beras mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Sebelumnya kan, untuk beras kualitas premium 5 kg, saya belikan seharga Rp55 ribu. Tapi dua hari lalu, sudah naik harganya menjadi Rp70 ribu,” ungkap wanita yang bermukim di Jalan Hertasning tersebut.
Hal yang sama juga dikemukakan Mardianto. Ia mengaku beberapa waktu lalu, dirinya membeli beras satu karung dengan berat 25 kg seharga Rp250 ribu. “Namun beberapa hari lalu, harganya sudah naik menjadi Rp325 ribu. Biar di kampung (Bulukumba) naik harga beras juga,” ungkap lelaki yang berprofesi sebagai dosen ini.
Salah seorang pedagang beras di pasar Terong kota Makassar, Ramli mengatakan kenaikan harga beras premium sudah terjadi lebih dari tiga pekan terakhir. Beras kategori biasa tak luput dari kenaikan.

“Yang beras biasa, dalam awal tahun naiknya Rp1.000-Rp1.500,” ujarnya.
Menurut Ramli, kenaikan harga tersebut dipicu oleh petani yang gagal panen akibat banjir. Gagal panen tersebut membuat pasokan ke pedagang terhambat.

The post Harga Beras Melonjak, Pedagang Sebut Dampak Banjir appeared first on Berita Kota Makassar.

source