Penanaman Sejuta Polybag Dimulai
axel wiryanto
Sunday, 26 February 2023 16:07 pm
dibaca 148 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan memulai program penanaman satu juta tanaman komoditi hari ini, Sabtu (24/2). Ada dua komoditi yang akan ditanam, yakni bawang merah dan cabai.

Dihubungi BKM, Jumat (24/2), Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Mahyuddin menjelaskan, penanaman akan dilaksanakan serentak di seluruh kelurahan.

Setiap kelurahan akan menanam 1.000 bibit di polybag yang telah disiapkan.
“Jadi satu kelurahan sebanyak 1.000 polybag. Penanaman dilakukan di lorong wisata yang telah ditetapkan,” kata mantan Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar itu.
Seremoni penanaman komoditi satu juta polybag tersebut dipusatkan di Lorong Wisata Jeneva di Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea yang akan dihadiri langsung Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Penanaman serentak akan dilaksanakan sekitar pukul 07.00 Wita yang bisa disaksikan langsung secara streaming dan zoom meeting di lorong wisata seluruh kelurahan yang melalukan aksi tersebut.
“Penanaman komoditi ini melibatkan seluruh elemen yang ada di kelurahan, mulai RT/RW, LPM, Binmas, Babinsa, tokoh masyarakat, kelompok wanita tani, dan warga yang ada,” tandasnya.

Program penanaman dua jenis komoditi tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi. “Saya coba berhitung bagaimana jika di satu lorong ada 1.000 polybag, dengan 1.096 lorong jadi ada satu juta polybag untuk ditanami cabai dan bawang,” ucap Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.
Dalam catatannya, ada kenaikan harga pada bawang dan cabai sehingga antisipasinya dilakukan penanaman. “Makanya, kita tanam cabai dan bawang.

Ini juga untuk antisipasi lebaran. Jadi harus menanam. Kita sementara siapkan,” tuturnya.
Program ini, jelas dia, bukan merupakan sekali tanam tetapi terus menanam. Untuk kesiapan bibit komoditi cabai akan disiapkan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan sebanyak 3.000 polybag di setiap kecamatan. Sedangkan untuk komoditi bawang disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan sebanyak 2.000 polybag per kecamatan. (rhm)

The post Penanaman Sejuta Polybag Dimulai appeared first on Berita Kota Makassar.

source