Maklumat MUI Sulsel: Ajaran Bab Kesucian Sesat
axel wiryanto
Saturday, 11 February 2023 18:51 pm
dibaca 149 kali

MAKASSAR, BKM — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulsel mengeluarkan maklumat terkait kehadiran pemahaman aliran Bab Kesucian yang berada di Kabupaten Gowa, yang disebarkan oleh Yayasan Nur Ma’rifatullah. Maklumat MUI Sulsel Nomor: Maklumat-04/DP.P.XXI/II/Tahun 2023 itu menekankan beberapa poin penting.

Sekretaris Umum MUI Sulsel Prof Dr H Muammar Bakry dalam jumpa pers yang digelar, Jumat (10/2) di Sekretariat MUI Sulsel, Masjid Raya Makassar menerangkan bahwa telah berkembang pemahaman dan pengamalan keagamaan di sebagian lapisan masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan, dan sebagian provinsi di Indonesia yang terindikasi bagian dari jemaah Bab Kesucian.
Menyikapi persoalan itu, MUI Sulsel telah membentuk tim untuk melakukan penelitian lapangan guna mengumpulkan berbagai data dan informasi terkait pemahaman dan pengamalan jemaah yang bersangkutan.

Dari hasil penelitian ditemukan hal-hal yang menyimpang dari ajaran Islam yang benar, di antaranya meyakini Nabi Muhammad sebagai titisan Tuhan.

Setiap pengikut jemaah yang baru bergabung mesti mengulangi syahadat. Menafsirkan Al-Qur’an tidak sesuai dengan kaidah tafsir dan mengingkari hadis Nabi Muahmmad Saw.

Salat seperti yang dilakukan umat Islam saat ini dapat menjadikan seseorang menjadi musyrik, karena itu tidak diwajibkan salat. Cukup mengganti bacaan hizb (wirid tertentu). Pengikut jemaah yang sudah menikah diperintahkan untuk menceraikan pasangannya jika ia ingin menjadi anggota Bab Kesucian.

Selain itu, kata Muammar, hal menyimpang lainnya dari aliran ini adalah suami istri yang menjadi pengikut jemaah mesti melakukan nikah ulang di hadapan pemilik yayasan Nur Ma’rifatullah.
Bukan hanya itu, ajaran lain yang disebarkan ke pengikutnya adalah jemaah dilarang mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti susu, daging hewan, ikan dan sebagainya. Jemaah diharuskan membayar zakat diri kepada guru dengan jumlah tertentu yang bertujuan untuk menghindari azab kubur.

The post Maklumat MUI Sulsel: Ajaran Bab Kesucian Sesat appeared first on Berita Kota Makassar.

source