Bawaslu Gowa Lantik dan Bekali 164 Anggota PKD
axel wiryanto
Wednesday, 08 February 2023 11:41 am
dibaca 279 kali

GOWA, BKM–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Gowa menuntaskan pelantikan serta pembekalan 164 anggota Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) yang tersebar pada 18 kecamatan.
Pelantikan dan pembekalan dilakukan selama dua hari sejak Minggu (5/2) hingga Senin (6/2).

Hanya saja untuk saat ini masih ada tiga desa belum dilakukan pelantikan dari total 167 PKD yang direkrut sesuai jumlah desa kelurahan di Gowa.
Pihak Bawaslu mengaku masih belum memenuhi syarat pendaftaran. Ketua Bawaslu Gowa Samsuar Saleh yang sementara menghadiri pelantikan anggota PKD untuk Kecamatan Pattallassang, Senin (6/2) di aula kantor Pemerintah Kecamatan Pattallassang.
Para anggota PKD ini dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Panwascam Pattallassang Jamaluddin.
Pelantikan dihadiri Ketua Bawaslu Gowa, Camat Pattallassang diwakili Sekcam Hamdana, Tripika, para kepala desa dan jajaran Panwascam serta PPK Pattallassang.

Samsuar Saleh mengemukakan bila anggota PKD harus bekerja sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Anggota PKD ini dalam bekerja dilandasi pada UU No 7 tahun 2017.

“Kami instruksikan kepada PKD bekerjalah sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Anggota PKD juga harus memahami tugas dan perannya. PKD itu ujung tombak pengawasan di tingkat kelurahan dan desa, karena itu bekerjalah sebaik-baiknya, menjaga kode etik, dan harus profesional sebagai penyelenggara Pemilu,” tandas Samsuar.
Hal senada disampaikan Sekretaris Camat Pattalassang Hamdana yang berharap agar PKD bekerja penuh integritas dan profesionalitas agar tercipta Pemilu yang berkualitas, berintegritas, bersih, transparan, umum, bebas, langsung, jujur dan adil sehingga terwujud Indonesia yang kuat dan bermartabat.
Pada Minggu (5/2) juga dilakukan pelantikan dan pembekalan bagi enam anggota PKD di Kecamatan Bungaya yang dihadiri Kordiv Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Gowa Juanto, Sekcam Bungaya Ismail, Tripika setempat serta Ketua Panwascam Bungaya Bahar dan Ketua PPK Bungaya Asrul.
Juanto mengatakan, PKD tidak boleh mengambil keputusan sepihak, semua harus terpimpin, apapun problemnya di Kelurahan dan Desa silahkan berkoordinasi dengan Panwaslu kecamatan masing-masing.

The post Bawaslu Gowa Lantik dan Bekali 164 Anggota PKD appeared first on Berita Kota Makassar.

source