Suardi Beber Empat Strategi Penanganan Inflasi
axel wiryanto
Monday, 30 January 2023 22:07 pm
dibaca 228 kali

BARRU, BKM — Bupati Barru Suardi Saleh membeberkan empat strategi penanganan inflasi di daerah yang dipimpinnya. Secara umum ada empat strategi dimaksud yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.
Suardi lebih menguraikan, strategi keterjangkauan harga dengan mendorong program stabilisasi harga dan pengelolaan pemintaan. Kegiatan yang dilaksanakan kata dia, adalah pemantauan harga sembako meliputi kebutuhan pokok di tujuh kecamatan.

Selain itu, pelaksanaan pasar murah yang bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam rangka memperoleh barang kebutuhan pokok yang murah dan terjangkau dengan mendekatkan produsen ke konsumen.
Sementara strategi ketersediaan pasokan dengan memperkuat produksi, cadangan pangan pemerintah serta memperkuat kelembagaan melalui Gerakan Barru menanam dan Gerakan Tanam Bersama disetiap desa/kelurahan.

Strategi kelancaran distribusi dengan mendorong kerjasama perekonomian antar daerah. Strategi komunikasi efektif dengan program memperbaiki kualitas data serta memperkuat koordinasi antara pusat dan daerah
“Kita sudah tandatangani MoU dengan Pemkab Kota Baru Kalimantan Selatan, Kota Bontang dan Balikpapan Kalimantan Timur Mamuju dan Pasangkayu Sulawesi Barat terkait pengembangan perekonomian daerah melalui pemanfaatan transfortasi laut antarpelabuhan,” terang Suardi usai mengikutirapat Penanganan Pemulihan Ekonomi dan Inflasi di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat ( 27/1).

Agenda rapat yang dipimpin Mendagri Tito Karnavian dihadiri para Bupati dan Walikota se Sulsel didampingi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sekaligus memberikan pengarahan, sebelum Rakor.
Mendagri Tito menekankan beberapa hal yang harus dilakukan dalam penanganan inflasi di Sulsel. Menurutnya, inflasi ini sudah terjadi di beberapa negara.

The post Suardi Beber Empat Strategi Penanganan Inflasi appeared first on Berita Kota Makassar.

source