Kejiwaan Ibu Diperiksa, Gawainya Disita Polisi
axel wiryanto
Saturday, 28 January 2023 01:03 am
dibaca 181 kali

GOWA, BKM — Penyidik Polres Gowa terus mengembangkan kasus bayi AZ yang sempat viral di media sosial Tiktok karena ulah ibunya YZ. Bayi usia tujuh bulan itu dicekoki minuman dari kopi susu saset.
Untuk mengetahui secara detail motif YZ sampai tega memberikan anaknya kopi instan yang sangat tidak bisa dikonsumsi oleh bayi usia tujuh bulan itu, penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Gowa akan melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap YZ.

Kasi Humas Polres Gowa AKP Hasan Fadhlyh yang dikonfirmasi BKM, Kamis (26/1), menjelaskan sampai saat ini YZ masih dalam pemeriksaan.

“Iya, ibu bayi itu masih menjalani pemeriksaan. Penyidik masih melakukan pendalaman terhadap kasusnya,” ujar AKP Hasan.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa Kawaidah Alham yang dikonfirmasi, kemarin siang mengatakan, meski YZ masih dalam pemeriksaan, namun ibu muda tersebut bersama ibunya Jl, serta bayinya sendiri diinapkan sementara di Rumah Aman Gau Mabaji Kemensos RI.
Selama masa pemeriksaan, YZ tidak dibolehkan menggunakan gawai miliknya.

Alat komunikasi itu untuk saat ini disita pihak penyidik guna keperluan penyelidikan.

“Sejak ditangani Polres, ibu bayi tidak dibolehkan pegang HP. Polisi telah menyitanya untuk keperluan pemeriksaan.

Untuk mereka bertiga, baik ibu, bayi dan neneknya akan tinggal sementara di Rumah Aman sampai proses pemeriksaan kesehatan dan tahapan lainnya selesai,” kata Kawaidah.
Terkait kasus ini, kata Kawaidah, selain memberdayakan ibu sang bayi, pihaknya juga melakukan perlindungan untuk si bayi. “Untuk ibunya kita akan kerja sama dengan Dinas Kesehatan. Kita akan mendampingi secara psikolog untuk kegiatan sehari-hari,” jelas Kawaidah.
Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sulawesi Selatan Meisy Papayungan, mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan edukasi kepada ibu sang bayi.
“Saat ini bayinya sudah ditangani Dinas Sosial Gowa bersama ibunya. Apa yang dilakukan oleh ibu itu membahayakan anak. Edukasi tidak baik untuk netizen. Ini yang sedang kami minta pada panti di Gowa untuk ibu dan sekalian periksa psikologisnya,” terang Meisy Papayungan, kemarin. (sar-jun)

The post Kejiwaan Ibu Diperiksa, Gawainya Disita Polisi appeared first on Berita Kota Makassar.

source