Berkas Tiga Senator Petahana BMS
axel wiryanto
Wednesday, 18 January 2023 03:45 am
dibaca 194 kali

MAKASSAR, BKM–Tiga senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI petahana diminta untuk memperbaiki berkas dukungannya agar dapat ikut pada pemilu legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 mendatang.
Ketiga senator petahana tersebut yakni Andi Muhammad Ihsan, Tamsil Linrung serta Lily Amelia Salurapa.

Kasubag Teknis dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel, Muh Asri mengemukakan bila data dukungan ketiganya masih berstatus belum memenuhi syarat (BMS) saat rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel yang diikuti 24 KPU Kabupaten Kota di Makassar, Minggu (15/1) hingga Senin (16/1).
Dari data yang sama, juga menunjukkan setidaknya ada tiga bakal calon DPD RI yang berstatus BMS di seluruh daerah sesuai sebaran dukungan dimilikinya. Hanya saja KPU enggan menyebutkan siapa saja bakal calon tersebut.
“Ini masih diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan dari tanggal 16 sampai 22 Januari 2023,” jelas Muhammad Asri, Senin (16/1).

Menurut Asri, temuan dukungan KTP bakal calon berstatus TMS tidak bisa lagi dilakukan perbaikan melainkan harus diganti. Di mana dukungan TMS tersebut rerata ditemukan nomor NIK yang tidak sesuai alamat.

“Kalau dukungan statusnya BMS masih bisa dilakukan perbaikan.

Tapi kalau TMS itu harus diganti, boleh diganti misalnya dukungan di desa A diganti di desa B, itu boleh,” tutup Asri.
Pada rapat pleno KPU Sulsel terkait verifikasi administrasi 9Vermin) syarat dukungan untuk 34 bakal calon, terdapat 29 balon kategori BMS dukungan 3000 KTP di 12 daerah. Sementara, lima tercatat dalam kategori Memenuhi Syarat (MS) selanjutnya ke tahap Vermin kesatu.
Vermin kesatu tersebut mulai digelar setelah 29 Balon berstatus BMS mengikuti masa perbaikan dukungan pada tanggal 16 sampai 22 Januari 2023.
Berdasarkan data yang dihimpun, ada 127.397 dukungan KTP yang tersebar ke 34 Balon, namun yang MS hanya 70.443.

The post Berkas Tiga Senator Petahana BMS appeared first on Berita Kota Makassar.

source