Museum Balla Lompoa Segera Jadi Cagar Budaya
axel wiryanto
Sunday, 25 December 2022 07:07 am
dibaca 434 kali

GOWA, BKM — Istana Balla Lompo yang saat ini sudah menjadi museum Balla Lompoa akan dijadikan sebagai cagar budaya. Hal itu telah dipersiapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gowa dan prosesnya telah berjalan secara bertahap.
Langkah awal yang dilakukan Disparbud Gowa adalah melakukan Focus Group Discussion (FGD) Proses Penetapan Museum Istana Balla Lompoa sebagai Bangunan Cagar Budaya. FGD ini telah dilakukan sejak Rabu (21/12) lalu di Resto Dwi Sri Tamarunang, Gowa.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Andi Tenriwati Tahri, pada Jumat kemarin (23/12), mengatakan, penetapan sebuah obyek menjadi cagar budaya dilihat pada beberapa hal antara lain memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan pendidikan, agama, dan kebudayaan.
”Keberadaan Museum Balla Lompoa hari ini sudah mewakili beberapa poin untuk menjadi sebuah cagar budaya sesuai UU Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya. Dimana merupakan kebudayaan dan sejarah asli Kabupaten Gowa. Juga merupakan bagian dari situs pengetahuan bagi masyarakat secara luas,” kata Andi Tenri, sapaan akrabnya.

Dikatakan, budaya merupakan bagian tak terpisahkan oleh manusia sehingga cenderung dianggap sebagai warisan turun temurun. Sebagai cikal bakal dari budaya kebendaan maka cagar budaya sebagai bagian integral dari warisan budaya memiliki nilai penting dalam membangun rasa kebanggaan.
”Termasuk memperkokoh kesadaran jati diri bangsa guna mewujudkan kebudayaan lokal, dan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelas mantan Kabag Humas Pemkab Gowa ini.
Andi Tenri berharap, keberadaan Museum Balla Lompoa ini dapat segera ditetapkan sebagai sebuah cagar budaya. Apalagi hadirnya warisan budaya dinilai sangat penting. Selain untuk pelestarian warisan budaya daerah, juga mampu mendorong perekonomian daerah.
Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai obyek kepentingan penelitian, maupun kebutuhan lainnya yang terkait dalam hal kebudayaan, pendidikan dan sejarah.

The post Museum Balla Lompoa Segera Jadi Cagar Budaya appeared first on Berita Kota Makassar.

source