Silpa APBD 2022 Makassar Bisa Tembus Rp900 Miliar
axel wiryanto
Thursday, 15 December 2022 00:23 am
dibaca 297 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar kembali menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Realisasi Belanja Triwulan IV Tahun Anggaran 2022. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sipakatau Balai Kota, Selasa (13/12).
Monev dihadiri seluruh pimpinan OPD, camat dan kepala bagian lingkup Pemkot Makassar. Rapat dipimpin Asisten III Mario Said dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Helmy Budiman.
Dari pemaparan Helmy terungkap, hingga Senin (12/12), diprediksi jika Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) APBD 2022 yang tidak dipergunakan bisa tembus angka Rp900 miliar.

“Awalnya prediksi Silpa kita di angka Rp800-an miliar. Namun melihat kondisi saat ini, saya rasa mungkin bisa lebih dari apa yang kita prediksikan. Bisa saja di kisaran 900-an (miliar),” ungkap Helmy.
Angka itu, kata Budiman, merupakan Silpa terbesar yang tercatat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Ini prediksi Silpa yang cukup besar karena sudah hampir menyentuh angka Rp1 triliun. Mudah-mudahan tidak menyentuh angka Rp1 triliun. Karena kalau uang juga terlalu lama disimpan oleh pemerintah tentunya dampak dari ekonomi itu, tidak bisa dirasakan oleh masyarakat. Tidak ada perputaran uang,” kata Helmy.
Dia melanjutkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya penyerapan anggaran di tingkat OPD. Seperti banyak mekanisme administrasi program yang belum terpenuhi. Selain itu, ada sejumlah proyek yang memang gagal tender. Bahkan ada juga disebabkan karena OPD memang tidak siap melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan.

The post Silpa APBD 2022 Makassar Bisa Tembus Rp900 Miliar appeared first on Berita Kota Makassar.

source