Delapan Area Cegah Korupsi di Gowa Disinergikan KPK
axel wiryanto
Tuesday, 13 December 2022 07:36 am
dibaca 229 kali

GOWA, BKM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan terus mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di berbagai sektoral yang ada di Gowa. Hal itu ditegaskan Adnan terkait ada delapan area sinergi Pemkab Gowa dengan KPK RI.

Delapan area sinergi itu yakni perencanaan dan jasa, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, pengelolaan barang milik daerah dan tata kelola keuangan desa. Adnan mengatakan ,delapan area sinergi antara Pemkab Gowa bersama KPK ini sebagai bentuk upaya cegah korupsi di jajaran pemerintahan di Gowa.

Termasuk pada sektor-sektor yang mengelola uang negara. Termasuk pula dana-dana sekolah dan desa-desa. Delapan area ini dipaparkan Adnan saat jadi narasumber dalam webinar penyuluhan antikorupsi bagi guru, kepala sekolah, kepala desa dan alumni Latsar CASN yang dilaksanakan Ikatan Penyuluh Antikorupsi Sulawesi Selatan, Jumat lalu.

Dikatakan bupati Gowa, delapan area sinergi tersebut, saat ini diimplementasikan di lingkup daerah demi mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Adnan juga menjelaskan, ada 11 aksi pencegahan korupsi berdasarkan Perpres No 54 Tahun 2018 yang dibagi dalam tiga bagian yakni perizinan dan tata niaga, keuangan negara, penegakan hukum dan reformasi birokrasi.
”Dalam melakukan aksi pencegahan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salahsatunya peningkatan pelayanan perizinan, perbaikan tata kelola data, integrasi perencanaan penganggaran berbasis elektronik, dan perbaikan tata kelola system peradilan pidana terpadu,” kata Adnan.
Adnan pun menyebutkan jika saat ini implementasi pembinaan cegah korupsi telah dilakukan di Gowa dimana salah satu desa di Gowa yakni Desa Pakkatto (Kecamatan Bontomarannu) terpilih sebagai percontohan desa antikorupsi bersama sembilan desa lainnya di Indonesia oleh KPK RI.
”Alhamdulillah, baru saja Desa Pakatto Kabupaten Gowa mendapatkan penghargaan dari KPK sebagai satu-satunya desa di Sulawesi Selatan yang terpilih sebagai percontohan desa antikorupsi bersama sembilan desa lainnya seluruh Indonesia. Hal ini tentu berkat tranparansi yang dilakukan dan pengelolaan sistem keuangan desa,” jelas Adnan.
Bupati Gowa pun berharap melalui webinar ini seluruh peserta yang diikuti sebanyak 366 ini bisa membangun nilai melalui gerakan budaya antikorupsi dan melibatkan masyarakat di seluruh tahapan pembangunan mulai dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan. (sar)

The post Delapan Area Cegah Korupsi di Gowa Disinergikan KPK appeared first on Berita Kota Makassar.

source