DPRD Sulsel Sharing Penyelenggaraan Pesantren di Jatim
axel wiryanto
Sunday, 11 December 2022 06:53 am
dibaca 216 kali

MAKASSAR, BKM–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi selatan yang tergabung dalam panitia khusus (Pansus) penyusunan peraturan daerah (Perda) Tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren melakukan kunjungan kerja ke DPRD Jawa Timur (Jatim), Jumat (9/12).
Rombongan diterima langsung oleh ibu legislator PKB Umi Zahrok selaku anggota Komisi E DPRD Jatim di lantai 1 ruang badan musyawarah (Bamus) DPRD Jatim
Menurut ketua tim Pansus Azhar Arsyad, kunjungan tersebut dalam rangka sharing fasilitasi penyelenggaraan pesantren dimana DPRD Jatim telah lebih dahulu mengesahkan Perda terkait pesantren.

“Sejarah mencatat bahwa Jawa Barat yang pertama kali menyusun Perda pesantren, tetapi lokomotifnya tetaplah Jawa Timur dan disini adalah provinsi yang mungkin memiliki Pesantren yang terbesar. Kami tentunya terinspirasi dari Jatim karna sudah ada Perda pos kesehatan pesantren”ujar Azhar Arsyad.
Menurut Azhar, ada beberapa hal yang perlu pihaknya lakukan pendalaman terutama soal implementasi. “Jadi seringkali dalam banyak kasus utamanya Sulawesi Selatan, inisiatif-inisiatif Perda di DPRD selalu terkendala ketika Perda itu mensyaratkan Pergub. Jadi kami berusaha mengurangi Pergub dalam perda ini. Tapi kami sadar bahwa kami bukan eksekutor dan tentu saja yang menjadi leading sektor adalah eksekutif,”jelas Azhar yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Sulsel ini.
Wakil Ketua Pansus Saharuddin menambahkan bila di Sulsel terkadang kesulitan dalam memberikan bantuan ke pesantren. Menurutnya, walaupun Sulsel sudah memiliki pergub nomor 58 tahun 2016 yang mengatur tentang hibah, sebagai implementasi turunan pertarunan menteri dalam negeri nomor 32 tahun 2011 yang mengatur secara utuh tentang bantuan hibah akan tetapi itupun sangat sulit sekali sebab tidak ada nomenklatur yang jelas terkait bantuan hibah pesantren. “Alhamdulillah dengan terbitnya UUD No. 18 Perpres 82 ini lebih menguatkan kita untuk mendorong perda di tiap kabupaten.”jelas Saharuddin.

The post DPRD Sulsel Sharing Penyelenggaraan Pesantren di Jatim appeared first on Berita Kota Makassar.

source