Kakilima di Poros Pallangga Segera Direlokasi
axel wiryanto
Thursday, 01 December 2022 03:15 am
dibaca 171 kali

GOWA, BKM — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengurai kemacetan di poros Pallangga yang setiap hari terjadi segera teratasi. Hal itu menyusul dengan segera rampungnya pembangunan Pasar Bontorea di Pallangga yang sedang dibangun Pemkab Gowa menggunakan anggaran APBD 2020 dan 2022.
Kini, fisik Pasar Bontorea sudah hampir selesai dan ditarget rampung pada akhir 2022 ini. Hal itu dikatakan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ketika memantau progres pembangunan Pasar Bontorea tersebut. Bupati Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, pasar tersebut diadakan untuk merelokasi seluruh pedagang pasar darurat yang beraktivitas di sepanjang jalur Pallangga setiap hari.

Keberadaan pasar darurat yang semakin hari makin ramai dan memicu kemacetan di area kawasan Stadion Kalegowa Pallangga dan sekitarnya ini, kini telah diberi solusi oleh Pemkab Gowa dengan melakukan relokasi para pedagang kakilima tersebut.
”Rencananya tahun 2023 mendatang tidak ada lagi pedagang satupun menggelar lapak di poros jalan raya utama di Pallangga ini. Para pedagang sudah direlokasi masuk ke pasar baru yang sementara dibangun bertahap saat ini. Pasar Bontorea yang kita bangun pakai APBD ini cukup besar dan didalamnya dibangun 467 lods. Dengan hadirnya pasar ini nanti maka tidak ada lagi satupun pedagang kakilima melakukan lapaknya di pinggir jalan raya. Semuanya sudah harus masuk di Pasar Bontorea nanti,” kata Adnan.
Adnan mengatakan, pembangunan pasar Bontorea ini ditarget selesai fisiknya pada akhir 2022 ini dan 2023 akan dilakukan relokasi pedagang kakilima secara bertahap. ”Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat pengguna jalan saya imbau untuk bersabar, sedikit lagi jalan poros Pallangga tidak akan macet lagi,” kata Adnan.

The post Kakilima di Poros Pallangga Segera Direlokasi appeared first on Berita Kota Makassar.

source