Pemkab Maros Kembangkan Industri Garam
axel wiryanto
Saturday, 12 November 2022 10:05 am
dibaca 306 kali

MAROS,BKM- Pemerintah Kabupaten Maros melalui Dinas Perikanan dan Kelautan setempat akan mengembangkan industri garam di wilayah pesisir Kabupaten Maros. Wilayah pesisir tersebut terletak di empat kecamatan yakni, Kecamatan Bontoa, Kecamatan Lau, Kecamatan Maros Baru dan Kecamatan Marusu.
Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang siap dikucurkan mencapai Rp1 miliar. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Maros, Suhartina Bohari, di ruang rapat Wabup, Rabu (9/11).
Anggaran yang disiapkan untuk pembinaan dan pendampingan kepada petani garam sebesar Rp500 juta. Sedangkan untuk pemasaran dan pendistribusian sebesar Rp500 juta.
”Yang jelas ada aksi nyata. Dinas Perikanan silakan segera siapkan rincian anggarannya. Begitu pula untuk Dinas Kopumdag selaku tim pemasaran dan pendistribusian nantinya,” ungkap Suhartina.

Ketua Tim Peneliti Garam Unhas, Dr Indah Raya, MSi bersama tim pengabdian masyarakatnya telah melakukan pengembangan garam di Kabupaten Maros. Pengembangan garam dilakukan dengan memanfaatkan lahan petani tambak yang kering di musim kemarau.
”Sebelumnya sudah ada. Namun karena hasil produksinya yang kurang bagus sehingga nilai jualnya rendah. Sekarang hanya tersisa sedikit saja petani yang masih bergelut memproduksi garam. Itu pun hanya di produksi saat musim kemarau saja, saat tambak mulai kering,” tuturnya.
Ia menjelaskan, sebenarnya Maros memiliki potensi untuk menghasilkan garam yang berkualitas. Hanya saja perlu intervensi teknologi yang mendukung, sehingga nilai jualnya akan lebih tinggi. Seperti pemanfaatan geomembran dan penerapan Greenhouse Salt Tunnel (GST).
”Kami sudah mulai lakukan pengembangan produksi garam di Desa Nisombalia. Hasilnya sudah mulai terlihat, dengan memanfaatkan geomembran, garam yang dihasilkan lebih bersih dari produksi sebelumnya. Bahkan yang awalnya membutuhkan jangka waktu sebulan, sekarang cukup 3-5 hari sudah bisa menghasilkan jenis garam konsumsi yang baik,” jelas Indah.

The post Pemkab Maros Kembangkan Industri Garam appeared first on Berita Kota Makassar.

source