PKKS Maros Nilai Kinerja Kepala Sekolah
axel wiryanto
Friday, 11 November 2022 10:29 am
dibaca 246 kali

MAROS, BKM — Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang dilakukan tim pengawas SMP se-Kabupaten Maros selama sepekan ini dimaksudkan untuk menilai kinerja kepala sekolah. Penilaian berlangsung pada Selasa (7/11).

Koordinator Pengawas (Korwas) Kabupaten Maros, Burhanuddin yang dihubungi wartawan mengatakan, ada beberapa komponen penilaian kinerja kepala sekolah yang dilakukan. Yaitu kemampuan atau kompetensi yang dimiliki kepala sekolah dalam melakukan pekerjaannya.
Disebut Baharuddin, penilaian KKS ini difokuskan pada karakteristik individu sebagai objek penilaian dalam hal ini adalah komitmen kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Kemudian, penilaian terhadap prosedur pelaksanaan pekerjaan. Orientasi pada proses difokuskan pada perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan dan tanggung jawabnya yakni melaksanakan fungsi manajerial dan fungsi supervisi pada sekolah yang dipimpinnya dan penilaian terhadap hasil kerja yang dicapai dari pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya.
Untuk mengetuhui hal itu, tim pengawas membagikan instrumen kepada pihak yang tahu persis perilaku kepala sekolah selama menjalankan tugas diantaranya guru, tenaga kependidikan, siswa dan komite sekolah dalam hal ini orang tua siswa.

Keempat respoden ini akan diacak untuk mengisi instrumen penilaian secara rahasia. Untuk setiap instrumen, diminta lima guru, lima tenaga kependidikan, lima orangtua, dan lima siswa di setiap tingkatan. Cara pengisian instrumen ini dilakukan secara rahasia tanpa diketahui identitas respoden yang melakukan penilaian kinerja kepala sekolah.
”Hasil pengisian instrumen dari setiap respoden telah tergambar secara jelas kinerja kepala sekolah,” kata Burhanuddin.
Disebutkan Burhanuddin, penilaian kinerja kepala sekolah adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala sekolah. Tugas pokok kepala sekolah adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah yang dipimpinnya.

The post PKKS Maros Nilai Kinerja Kepala Sekolah appeared first on Berita Kota Makassar.

source