Kejari dan Polres Gowa Janji Solid Jadi Tim Gakkumdu
axel wiryanto
Tuesday, 08 November 2022 23:35 pm
dibaca 238 kali

GOWA, BKM–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa berharap tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) menjadi tim solid dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 nanti.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Gowa Samsuar Saleh saat memimpin rapat koordinasi sentra Gakkumdu, di Makassar, Senin (7/11).
Menurut Samsuar, pada pra Pemilu ini harus memperkuat koordinasi dan menyamakan persepsi khususnya Bawaslu dengan Gakkumdu.
“Penyamaan persepsi disini adalah salah satunya terkait keterpenuhan unsur tindak pidana Pemilu, tentunya penanganannya melalui Gakkumdu yang didalamnya meliputi Bawaslu, Polres serta Kejaksaan, ” jelas Samsuar.

Samsuar menjelaskan bila kesepahaman dan koordinasi antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dalam penanganan pelanggaran pidana Pemilu merupakan agenda strategis yang harus dilaksanakan dalam memperkuat eksistensi kelembagaan serta peran sentra Gakkumdu.
Terkait peranannya dalam Gakkumdu, Kepala Kejaksaan Negeri Gowa Yeni Andriani berharap koordinasi dan penguatan eksistensi itu senantiasa terjalin.
“Dan kami Kejaksaan telah berkomitmen menjadi tim yang solid. Tentunya melalui pola hubungan koordinatif, termasuk kesepahaman memaknai norma hukum. Karena itu Kejaksaan akan terus mendukung terselenggaranya Pemilu ini dengan baik,” kata Yeni.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Burhan yang tampil memaparkan materi terkait penanganan tindak pidana Pemilu mengatakan, seluruh pihak khususnya Panwascam diharap dapat bersinergi dan bekerjasama dalam penanganan pelanggaran serta penyelesaian sengketa.
“Selain anggota Gakkumdu, seluruh Panwascam harus proaktif dalam penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa. Apalagi Panwascam menjadi ujung tombak pengawasan Pemilu di 18 kecamatan di Kabupaten Gowa ini,” papar AKP Burhan. (sar/rif)

The post Kejari dan Polres Gowa Janji Solid Jadi Tim Gakkumdu appeared first on Berita Kota Makassar.

source