Bawaslu Perkuat Koordinasi dengan Gakumdu
axel wiryanto
Monday, 07 November 2022 03:53 am
dibaca 365 kali

MAKASSAR, BKM–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan saat ini memperkuat koordinasi dan eksistensi Gakumdu pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Koordinator Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sulsel Azry Yusuf mengatakan agenda strategis adalah memperkuat eksistensi dan membangun kesepahaman Sentra Gakumdu.
“Untuk penanganan pelanggaran Pemilu, agenda stragetis yang harus dilaksanakan adalah memperkuat eksistensi kelembagaan sentra Gakumdu melalui kesepahaman antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dalam penanganan pelanggaran pidana Pemilu dengan menjaga kemandirian masing-masing termasuk membangun kesepahaman yang sama dalam memaknai peraturan pidana Pemilu” ucap Azry Yusuf, Kamis (3/11).

Direktur Reserse Krimanal Umum Jamaluddin Farti mengatakan Polri harus menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah.
“Polri dalam menghadapi Pemilhan Umum Tahun 2024, tetap menjaga netralitas personil yakni tidak melibatkan diri dalam politik prektis, tidak bersifat diskriminatif dalam melaksanakan pengamanan, pelayanan, perlindungan dan penegakan hukum. Dan juga tidak mengijinkan kendaraan, kantor, asrama, lahan dinas atau fasilitas lainya untuk giat kampanye Pilkada ataupun Pemilu” ucap Jamaluddin Farti.

Asisten Tindak Pidana Umum Suhandi berharap adanya penguatan eksistensi Kagumdu dan jajaran kejaksaan berkomitmen menjadi tim yang solid.
“Saya berharap adanya penguatan eksistensi kelembagaan sentra gakumdu melalui pola hubungan koordinatif,termasuk kesepahaman memaknai norma peraturan pelanggaran pidana pemilu ataupun pilkada dan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan berkomitmen menjadi tim yang solid untuk terus mendukung terselenggaranya Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024″ujarnya. (rif)

The post Bawaslu Perkuat Koordinasi dengan Gakumdu appeared first on Berita Kota Makassar.

source