JRM: Jalan Nasional Kerap Tertimbun Longsor di Toraja
axel wiryanto
Saturday, 29 October 2022 02:11 am
dibaca 243 kali

RANTEPAO, BKM–Ruas jalan nasional di Sereale-Rinding Allo poros Toraja Utara ke Mamuju Sulawesi Barat, sejak Selasa (25/10) lumpuh total lantaran tertutup material longsor dari tebing.
Olehnya itu, pihak unit pelaksana teknis (UPT) Bina Marga Provinsi Sulsel yang telah menerima laporan dari warga langsung mengerahkan dua alat berat berupa excavator untuk membersihkan material tanah bercambur batu, Rabu (26/10) sore.
Sebelumnya sekitar 10 jam arus lalulintas lumpuh lantaran tingginya material longsor yang menutupi badan jalan.
Fenomena jalan poros baik di Tana Toraja maupun Toraja Utara kerap lumpuh karena longsor saat intensitas curah hujan tinggi, membuat anggota DPRD Sulsel John Rende Mangontan (JRM) angkat bicara.

JRM mengemukakan bila dengan melihat tofografi wilayah Toraja dominan dilereng perbukitan ditambah tanahnya yang labil berpotensi longsor, masyarakat hendaknya sadar begitu pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.
Demikian pula pemerintah Lembang dan kecamatan terus bergerak sosialisasi dan mengajak warga melakukan penghijauan mandiri karena bibit pohon semua jenis mudah diperoleh.

“Sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan tetap memperhatikan, saluran drainase, sistem cuttingan yang benar, dan pemasangan bangunan pelengkap seperti talut, bronjong atau perlakuan sesuai struktur tanah yang ada, serta memperhatikan standar geometrik yang benar,”ujar JRM, Kamis (27/10).

Menurut Anggota Fraksi Golkar DPRD Sulsel ini, hal ini harus jadi perhatian, sebab banyak ruas jalan sedang dikerjakan tiba-tiba terjadi longsor karena faktor struktur tanah hingga terjadi perubahan akibat getaran alat berat, atau mungkin metodologi pengerjaan kurang maksimal.
“Kondisi tersebut mengakibatkan asas manfaat dari pembangunan ruas jalan tidak sesuai dengan harapan, dan itulah yang terjadi di Tana Toraja dan Toraja Utara,” ujar JRM.

The post JRM: Jalan Nasional Kerap Tertimbun Longsor di Toraja appeared first on Berita Kota Makassar.

source