Arfandi Apresiasi Rakornas Bapemperda yang Diadakan Kemendagri
axel wiryanto
Saturday, 08 October 2022 06:52 am
dibaca 199 kali

MAMUJU, BKM–Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muchtar Mappatoba didampingi Anggota Arfandy Idris serta Sekretaris DPRD Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili A. Amir Hamsah, mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bapemperda DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (6/10).
Acara yang dilaksanakan di Hotel Grand Maleo tersebut, diikuti oleh peserta yang berasal dari Pemerintah Pusat yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian ATR/BPN dan Pemeritahan Daerah yakni Pemprov Sulbar, Forkompimda Sulbar, Bapemperda Provinsi dan Kabupaten/Kota, Sekretaris DPRD Provinsi dan Kabupaten dan Kota se Indonesia.

Kegiatan Rakornas dibuka secara resmi oleh Dirjen Otonomi Daerah sekaligis Pj. Gubernur Sulbar Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si, yang menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan di Provinsi Sulbar sebagai bentuk perhatian terhadap daerah-daerah baru atau “pinggiran” agar dapat melaksanakan event tingkat nasional, “Jadi jangan hanya terfokus di Ibukota Jakarta atau Provinsi lainnya di Pulau Jawa”.ujar Akmal Malik.
Ketua panitia Rakornas Makmur Marbun, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan pemahaman mengenai fungsi legislasi DPRD sebagai ujung tombak dalam pembentukan peraturan daerah pasca ditetapkannya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 dan terbangunnya sinergitas pembentukan perundang-undangan tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam upaya akselerasi pelaksanaan Undang-Undang Cipta Kerja, serta terwujudnya optimalisasi fungsi Sekretariat DPRD sebagai unsur pendukung DPRD dalam pembentukan produk hukum daerah yang berkualitas dan implementatif.

The post Arfandi Apresiasi Rakornas Bapemperda yang Diadakan Kemendagri appeared first on Berita Kota Makassar.

source