Pemkab Gowa akan Lakukan Peremajaan 260 Ha Lahan Kritis
axel wiryanto
Saturday, 01 October 2022 07:58 am
dibaca 205 kali

GOWA, BKM — Dalam waktu dekat yakni kisaran November 2022, Pemerintah Kabupaten Gowa akan melakukan peremajaan sejumlah hutan lindung di wilayah dataran tinggi. Peremajaan dengan melakukan penanaman pohon ini akan menyasar diantaranya kawasan hutan lindung di Kecamatan Tombolopao dan hutan rakyat di Kecamatan Tinggimoncong.

Rencananya, penanaman pohon di lahan-lahan hutan tersebut dikisar ratusan hektare lahan hutan. Untuk hutan lindung di Tombolopao seluas 20 hektare (Ha) dan di hutan rakyat di Tinggimoncong luasannya berkisar 260 hektare.
Kegiatan peremajaan hutan lindung dan hutan rakyat ini akan dilaksanakan serangkaian memperingati Hari Jadi Gowa (HJG) ke 702 yang jatuh pada 17 November 2022. Adanya rencana ini sekaitan pula seruan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang berharap agar momen HJG tahun ini diisi masyarakat Gowa dengan kegiatan manfaat dan berdayaguna dalam upaya menyelamatkan rimbunnya hutan khususnya di daerah dataran tinggi sebagai wilayah hulu penampung air tanah dan upaya menghindari adanya lahan kritis.

Rencananya, pelaksanaan penanaman pohon ini akan dilaksanakan awal November dan dilakukan secara serentak di dua lokasi tersebut. Penanaman ini pula akan melibatkan jajaran pemerintah kabupaten, instansi vertikal dan Forkopimda Gowa, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan dan masyarakat umum.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis yng dikonfirmasi terkait rencana peremajaan hutan ini, Selasa (27/9), mengatakan, penanaman pohon pada lahan kritis ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon dan sekaligus menjaganya. Salah satu cara menjaga hutan adalah tidak menebang dan tidak membakar pohon.
”Jadi dalam kegiatan ini nanti masyarakat akan diajak menanam pohon sekaligus diajak memelihara dan kegiatan ini akan dipantau tiga bulan pasca penanaman dilakukan. Pemantauan dilakukan apakah pohon yang ditanam masih bagus, jika ditemukan ada pohon yang mati maka akan langsung diganti,” kata Azhari.

The post Pemkab Gowa akan Lakukan Peremajaan 260 Ha Lahan Kritis appeared first on Berita Kota Makassar.

source