Damkar Beli 53 Damtor, Dioperasikan Batalyon 120
axel wiryanto
Thursday, 29 September 2022 20:34 pm
dibaca 362 kali

MAKASSAR, BKM — Maraknya kebakaran yang terjadi di Kota Makassar membuat Dinas Pemadam Kebakaran berinsitiaf menghadirkan Pemadam Motor (Damtor) di setiap kelurahan. Damtor ini dilengkapi tangki air berkapasitas 800 liter dan nozzle yang disambungkan dengan pipa untuk menyemprot air ke lokasi kebakaran.
Selain Damtor, juga disiapkan Pengendalian Kebakaran Lorong (PK Rong), berupa tandon yang dilengkapi mesin pompa sebagai sumber air untuk Damtor.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Hasanuddin menjelaskan Damtor dan PK Rong ini nantinya berfungsi sebagai pengendalian kebakaran pertama yang bisa dioperasikan sebelum mobil damkar tiba di lokasi kebakaran. Atau jika Damtor berhasil menguasai api, maka mobil damkar tidak perlu ke lokasi kebakaran.
Damtor ini dinilai cukup efektif digunakan karena bisa menjangkau hingga lorong-lorong yang cukup kecil dan tidak bisa dijangkau mobil pemadam kebakaran. Menariknya, pengoperasian Damtor ini nantinya akan melibatkan anggota Batalyon 120 yang belum lama ini menjadi sorotan.

“Untuk keterlibatan Batalyon 120, kami sudah mendata masing-masing kelurahan. Tiap kelurahan dua personel Batalyon 120 yang akan direkrut,” kata Hasanuddin.
Mereka itu nantinya akan diberi pelatihan untuk diajari cara mengoperasikan Damtor tersebut. Pengadaan Damtor ini dilakukan melalui e-catalog. Satu Damtor dianggarkan sebesar Rp80 juta. Tahun ini, Dinas Damkar memesan 53 unit Damtor. Namun yang sudah tiba di Makassar baru 27 unit. Sisanya sebanyak 26 unit sementara proses untuk dikirim.
“Disiapkan untuk tahun ini ada 53 unit. Sementara tahap pengiriman, ada tiga tahap pengiriman. Yang terakhir akan dikirim pada awal Oktober. Setelah rampung nanti kita operasikan,” kata Hasanuddin.
Tahun depan, Damkar kembali menganggarkan pembelian Damtor dan pengadaan PK Rong sebanyak 100 unit. “Setiap kelurahan nantinya akan mendapat satu unit. Di Makassar ada 153 kelurahan. Jadi kita akan penuhi sisanya di anggaran pokok tahun depan,” tambah Hasanuddin.
Secara khusus, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto melakukan peninjauan Damtor yang sudah tiba di Dinas Damkar, Rabu (28/9). Orang nomor satu Makassar itupun tak lupa mencoba dan memeriksa mesin Damtor tersebut.

The post Damkar Beli 53 Damtor, Dioperasikan Batalyon 120 appeared first on Berita Kota Makassar.

source