Warga Soroti Proyek Program Kotaku di Kelurahan Mangadu
axel wiryanto
Wednesday, 28 September 2022 17:33 pm
dibaca 236 kali

TAKALAR, BKM — Proyek bertitel Program Kotaku yang merupakan proyek aspirasi salah seorang anggota DPR-RI berupa pembangunan paving blok sepanjang 264 meter yang terletak di Lingkungan Kalappo, Kelurahan Mangadu, Kecamatan Mangngarabombang, Takalar mendapat sorotan dari warga setempat.

Pasalnya, proyek yang menelan dana APBN murni tahun anggaran 2022 sebesar Rp750 juta, khususnya pada pekerjaan paving blok, warga setempat meragukan mutu dan kualitas pekerjaan yang sedang berlangsung dilapangan.
Mutu dan kualitas pekerjaan sangat diragukan hasilnya lantaran casting atau pondasi paving blok tersebut berdebu dan pihak pelaksana, menurut warga setempat tidak dilakukan pemadatan sebelum paving blok terpasang.

”Kami sangat sepakat dengan adanya proyek dari pusat itu, hanya saja mutu dan kualitas pekerjaan rendah sehingga azas manfaat untuk jangka panjang tidak bertahan lama,” kata Kepala Lingkungan Kalappo, Abd Rahim Daeng Rowa yang diamini sejumlah warga setempat,” Selasa (27/9)
Selain mutu dan kualitas pekerjaan paving blok yang diragukan hasilnya oleh warga, Abd Rahim Daeng Rowa, juga menuding proses pelaksanaan sejak dari awal telah menuai polemik. Dimana, Program Kotaku pada hakekatnya bertujuan memberdayakan masyarakat lokal. Namun dalam perjalanannya dari proyek program kotaku ini melenceng dari juknis yang telah ditentukan.
”Ketua dan bendahara bukan bagian dari struktur Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Mangadu, melainkan kedua pengurus hanyalah masyarakat biasa yang berasal dari luar wilayah kelurahan Mangadu, ini juga adalah kesalahan fatal yang terjadi dalam pelaksanaan program kotaku,” Beber Abd Rahim Daeng Rowa yang diiyakan Ahmad Bella warga setempat.

The post Warga Soroti Proyek Program Kotaku di Kelurahan Mangadu appeared first on Berita Kota Makassar.

source