Tugu Anti Knalpot Bising untuk Edukasi Pengendara
axel wiryanto
Monday, 26 September 2022 13:25 pm
dibaca 218 kali

MAKASSAR, BKM — Jika melintas di Jalan AP Petta Rani, Kota Makassar, tepatnya di depan Pos Lalu Lintas samping flyover, Anda akan mendapati sesuatu yang baru. Sebuah tugu berbentuk kepala manusia dengan dua telinga masing-masing ditutup dengan tangan. Di bagian atasnya dipasang beberapa knalpot brong hasil sitaan polisi.
Tugu ini dibangun Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar. Namanya Tugu Anti Knalpot Bising. Tujuan pendiriannya, agar kota ini ke depannya bisa menjadi tenteram tanpa kebisingan yang timbul dari knalpot motor modifikasi.
”Di Mana Hati Nuranimu? Di Kala Bising Suara Knalpotmu Merusak Ketengangan Jiwaku.” Begitu kalimat yang tertulis di bagian bawah tugu. Pembangunan tugu ini telah rampung dan resmi dipajang untuk disaksikan para pengendara pada rangkaian memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67, Jumat (23/9).

Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda, mengatakan meski tugu dibangun dengan estetika yang luar biasa, namun di baliknya ada yang lebih utama. Yaitu, edukasi yang disematkan mengandung arti mendalam.

“Kehadiran tugu ini mengutamakan edukasi. Artinya, kita gabungkan estetika dan edukasi sehingga masyarakat yang melihat tugu ini akan paham bahwa dengan adanya knalpot brong itu otomatis mengganggu telinga. Makanya, kita siluetkan dengan wajah dan tangan menutup dua telinga,” ujarnya, kemarin.
Khusus tulisan yang ada di badan prasasti, menurut perwira polisi berpangkat dua melati di pundaknya ini, dimaksudkan agar masyarakat yang melihat akan sadar dan terpanggil nuraninya untuk tidak menggunakan knalpot bising.

“Alasannya jelas, dengan harapan pengendara yang menggunakan knalpot brong untuk sadar terpanggil dalam dirinya untuk mengganti knalpotnya menjadi standar kembali supaya tidak menggangu telinga,” terang Sulanda.

The post Tugu Anti Knalpot Bising untuk Edukasi Pengendara appeared first on Berita Kota Makassar.

source