Gubernur Bagi Dua Sepeda di Indonesia Heart Bike 2022
axel wiryanto
Monday, 19 September 2022 20:34 pm
dibaca 266 kali

MAKASSAR, BKM — Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menggelar Indonesia Heart Bike 2022 di Kota Makassar. Ratusan orang, termasuk lanjut usia (lansia) turut memeriahkan olahraga bersepeda hingga senam menyambut Hari Jantung Sedunia.

Kegiatan yang digelar atas kerja sama Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) ini resmi dibuka di Lapangan Karebosi, Minggu (18/9). Para pesepeda dilepas oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Antusias masyarakat mulai pra lansia sampai lansia itu luar biasa menyambut kegiatan ini. Hari ini ada 300-an lebih peserta untuk senam jantung. Ada juga peserta pesepeda sekitar 250-an orang,” kata Ketua Panitia Indonesia Heart Bike 2022, Meity Rahmatia
.

Meity menjelaskan, kegiatan ini serentak dilaksanakan pada delapan kota di Indonesia. Selain Kota Makassar, juga berlangsung di Jakarta, Malang, Surabaya, Denpasar, Semarang, Bandung, dan Medan.

Gubernur Sulsel hadir sebagai bentuk support. Apalagi kegiatan ini juga sebagai dukungan terhadap gerakan Anti Mager (Malas Gerak) milik Pemprov Sulsel,” sebutnya.

Meity menjelaskan, kegiatan olahraga sangat penting, apalagi untuk jantung. Sebab penyakit tak mengenal usia. Pihaknya berharap Indonesia Heart Bike jadi ajang sosialisasi kepada masyarakat agar lebih aktif lagi bergerak dan mengurangi risiko jantung.

“Sekarang banyak masyarakat yang masih muda, apalagi yang tua tiba-tiba drop karena jantung. Itu kadang tidak terdeteksi. Tapi kalau kita menstimulasi dengan ilmu pengetahuan seperti ini olahraga misalnya, ada tanda-tanda serangan jantung itu bisa diketahui sejak awal,” ujarnya
.

The post Gubernur Bagi Dua Sepeda di Indonesia Heart Bike 2022 appeared first on Berita Kota Makassar.

source