Ada Pejabat Terima Beasiswa Manakarra 2022
axel wiryanto
Thursday, 15 September 2022 18:50 pm
dibaca 220 kali

MAMUJU, BKM — Ada sejumlah kejanggalan pada daftar penerima Beasiswa Manakarra tahun 2021. Berdasarkan keterangan yang diterima BKM, ada sejumlah pejabat yang justru menerima bantuan tersebut.

Mereka adalah Ketua Ombudsman, Lukman Umar, Sekkab Mamuju, H Suaib, Ketua Dewan Pendidikan, Hajrul Malik, hingga Kepala Disdikpora Mamuju, Jalaluddin Duka masuk dalam daftar 36 mahasiswa penerima beasiswa.
Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora), Jalaluddin Duka, dan Sekretaris Disdikpora, Saharuddin, dilaporkan ke Kejati Sulbar terkait program Beasiswa Manakarra.

Laporan dengan nomor 12 tertanggal 12 September 2022 itu terkait dugaan korupsi penggelapan beasiswa Manakarra. Pelapor, Muhaimin Faisal mengatakan, anggaran untuk Beasiswa Manakarra tidak ada dalam DPA- APBD Kabupaten Mamuju tahun 2021.
Namun yang ada adalah dana penyediaan personel peserta didik sekolah menengah pertama. Hal ini menjadi temuan BPK, sehingga kata Muhaimin, kuat dugaan ada rekayasa dan manipulasi pengalihan anggaran yang tercantum dalam APBD Pemkab Mamuju tahun 2021 dengan nilai Rp 760 juta.
“Telah terjadi rekayasa dan manipulasi pengalihan anggaran yang tercantum dalam APBD. Hal ini melawan hukum yakni dari kegiatan penyediaan biaya personel peserta didik menengah pertama menjadi anggaran untuk Beasiswa Manakarra,“ katanya.

Pada kenyataannya, Muhaimin menyebut, anggaran justru direalisasikan ke dalam pemberian bantuan pendidikan kepada oknum pejabat tertentu.
“Ini haknya mahasiswa miskin atau mahasiswa tidak mampu, justru dihabisi atau dinikmati oleh para pejabat, bahkan ada oknum pejabat di Ombudsman, rata-rata yang memperoleh adalah kepala dinas, sekretaris dinas,” ungkap Muhaimin.
Selain itu, dia juga mempertanyakan perolehan surat keterangan tidak mampu oleh penerima bantuan beasiswa tersebut.
Sementara itu, Kadisdikpora Mamuju, Jalaluddin Duka, menjelaskan, penyaluran bantuan tersebut tidak bermasalah karena dana langsung ke rekening masing-masing penerima.

The post Ada Pejabat Terima Beasiswa Manakarra 2022 appeared first on Berita Kota Makassar.

source