Perumda Pasar Karya Rancang Pasar Modern
axel wiryanto
Monday, 12 September 2022 13:24 pm
dibaca 244 kali

MAKASSAR, BKM — Perusahaan Umum Daerah Pasar Makassar Raya (Perumda Pasar Karya) berencana membuat pasar modern yang terkoneksi langsung dengan apartemen.
Direktur Utama Perumda Pasar Karya, Ichsan Abduh Hussein, menerangkan, rencana besar tersebut saat ini sementara dirancang.
“Jadi kami punya rencana membangun pasar tradisional tapi dikelola secara modern. Tapi di atas patas tersebut akan dibangun hunian dan apartemen,” ungkap Ichsan.
Dia mengemukakan, konsepnya adalah bangunan bertingkat. Di lantai satu untuk tempat parkir, lantai dua pasar tradisional, dan di atas pasar akan dibangun hunian berkonsep apartemen.

Konsep bangunan terintegrasi seperti itu bisa dibangun di beberapa pasar yang merupakan aset Perumda Pasar Karya. Salah satunya seperti di Pasar Panakkukang.
“Kita punya 18 aset pasar. Ada beberapa yang berpotensi dijadikan pasar modern plus apartemen ini,” tuturnya.
Lebih jauh dikemukakan, Perumda Pasar Karya juga melakukan MoU dengan Rumah Potong Hewan. Kerjasamanya berupa pemasaran produk yang dihasilkan Rumah Potong Hewan (RPH).
Selain itu, Pasar Karya juga akan bekerjasama dengan Bank BTN untuk penarikan retribusi secara non tunai di seluruh pedagang pasar.
Tujuan kerjasama tersebut untuk meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus menghindari kebocoran-kebocoran yang bisa terjadi jika retribusi ditarik secara manual.

“Tujuannya biar lebih jelas PAD yang bisa kita peroleh agar target Rp1 miliar bisa tercapai,” tambah Ichsan.
Pasar Karya juga punya logo yang bersimbol tulisan lontara yang sarat makna.
Ichsan berharap kehadiran logo dan tagline baru itu bisa membawa perubahan besar di tubuh Perumda Pasar Karya dalam semua sektor.
“Jika di Jakarta ada Pasar Jaya atau di Surabaya Pasar Surya, kita ada Pasar Karya. Jadi ke depan harus lebih berkarya, berinovasi,” jelasnya.
Ichsan, sapaan akrabnya menyebut logo baru ini memiliki banyak makna. Mulai dari tulisan lontara dengan arti pasara hingga bertulis Perumda. (rhm)

The post Perumda Pasar Karya Rancang Pasar Modern appeared first on Berita Kota Makassar.

source