Harga Sejumlah Bahan Pokok di Maros Mulai Melonjak
axel wiryanto
Sunday, 11 September 2022 08:47 am
dibaca 207 kali

MAROS, BKM — Harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Maros, Sulawesi Selatan, Mulai mengalami lonjakan. Pasca-pemerintah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, salah satu bahan pokok yang mengalami kenaikan yakni cabai dan telur ayam.

Para pedagang sayuran di Pasar Tradisional Batangase, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, kembali menaikkan harga berbagai macam jenis komoditas bahan pokok yang mereka jual. Beberapa jenis cabai yang mengalami kenaikan, di antaranya cabai keriting dari harga Rp30 per kilogram, kini berada dikisaran Rp40 ribu per kilogram, cabai besar dulunya Rp30 ribu kini Rp40 ribu, untuk cabai rawit stagnan diangka Rp30 ribu per kilogram.
Selain komoditas cabai, telur ayam pun dijual pedagang dengan harga masih relatif tinggi. Jika sebelumnya dipasarkan seharga Rp40 ribu per rak, kini naik menjadi Rp53 ribu per rak atau setara dua kilogram.

Berbeda halnya dengan Bawang merah dan bawang putih, justru mengalami penurunan dari sebelumnya Rp50 ribu, kini berada dikisaran Rp35 ribu per kilogram. Salah seorang pedagang bernama Mita Makmur, mengatakan, kenaikan harga cabai sudah terjadi selama sepekan akibat kendala cuaca.
Juga, mereka mendapatkan stok terbatas dari distributor pemasok.

Faktor lain yang memengaruhi kenaikan harga komoditas cabai dan telur ayam ini yakni kenaikan harga BBM bersubsidi. Mahalnya harga BBM sangat berpengaruh terhadap jasa angkutan muat barang. Apalagi cabai yang dijual pedagang didatangkan langsung dari luar daerah Maros, seperti Kota Makassar dan Gowa.
Para pedagang mengaku tidak sedikit dari konsumen yang mengeluhkan kenaikan harga cabai dan telur. Utamanya para pelaku usaha rumah makan dan pedagang kaki lima.
Dikatakan pedagang, lonjakan harga ini belum diketahui sampai kapan akan terjadi. Mereka berharap kepada pemerintah untuk menormalkan kembali komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan. Pasalnya, kenaikan ini sangat berdampak terhadap daya beli konsumen. (ari/c)

The post Harga Sejumlah Bahan Pokok di Maros Mulai Melonjak appeared first on Berita Kota Makassar.

source