SMK SMTI Makassar Gelar Pelatihan Pengolahan Cokelat Bagi IKM
axel wiryanto
Saturday, 20 August 2022 13:02 pm
dibaca 230 kali

MAKASSAR, BKM — Di era new normal saat ini, dibutuhkan semangat bagi para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk kembali giat berproduktifitas pada usaha yang digelutinya. Untuk itu, segala upaya bersama perlu diusahakan untuk mempertahankan dan memulihkan sektor industri, termasuk pelaku IKM.

Kementerian Perindustrian gencar melakukan pembinaan agar para pelaku IKM tetap produktif sehingga mampu menggeliatkan perekonomian nasional. Salah satu langkah strategis yang dijalankan oleh pemerintah dalam upaya mencegah penurunan produksi dan menggerakkan kembali sektor industri adalah melaksanakan program peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan atau workshop.

Sebagai upaya mendukung hal tersebut, SMK SMTI Makassar menyelenggarakan pelatihan IKM bagi para pelaku UMKM, khususnya bagi para alumni SMK SMTI yang berprofesi sebagai wirausaha maupun yang berminat menjalankan wirausaha, serta memberdayakan UMKM di sekitar SMK SMTI Makassar.

Pelatihan diselenggarakan pada Jumat-Sabtu (12-13/10) di Gedung Teaching Factory Pengolahan Coklat SMK SMTI Makassar. Pelatihan mengusung tema tentang proses pengolahan produk cokelat dan produk turunannya yang dapat bernilai jual tinggi untuk menjadi bekal pengetahuan dan meningkatkan keterampilan bagi peserta dalam menjalankan usahanya.

“Pelatihan IKM untuk alumni dan pelaku IKM sekitar Makassar merupakan penerapan dari perjanjian kinerja (perkin) untuk program Corporate University (CorpU) Kementerian Perindustrian,” ujar Kepala SMK SMTI Makassar Basri Nur.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat PPVI Kementerian Perindustrian melalui zoom meeting. SMK SMTI Makassar merupakan unit satker BPSDMI Kementerian Perindustrian menjalankan fungsi sebagai sekolah vokasi menuju CorpU. ”Pelatihan IKM ini bertujuan mengembangkan kreativitas, produktivitas, kompetitif, pengembangan usaha baru serta upaya pendampingan usaha bagi pelaku IKM setempat,” imbuhnya.

The post SMK SMTI Makassar Gelar Pelatihan Pengolahan Cokelat Bagi IKM appeared first on Berita Kota Makassar.

source