Berdesakan Demi Berburu Lowongan Kerja
axel wiryanto
Thursday, 11 August 2022 20:24 pm
dibaca 353 kali

MAKASSAR, BKM — Ribuan pencari kerja rela berdesak-desakan saat berburu lowongan kerja yang ditawarkan perusahaan pada job fair di Mal Phinisi Point (Pipo), Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Rabu (10/8). Selama dua hari, job fair digelar Dinas Tenaga Kerja Makassar bekerja sama 50 perusahaan yang menawarkan pekerjaan selama kegiatan berlangsung.

Sejumlah pencari kerja mengeluhkan kurang terkoordinasinya kegiatan ini sehingga banyak yang kesulitan mendapat akses ke perusahaan yang sudah diincar. Kepadatan sudah terlihat di area parkir Mal Pipo. Kendaraan, baik roda dua maupun empat berjubel dan memadati tempat yang disiapkan untuk parkir kendaraan. Bahkan banyak yang memarkir kendaraannya di area badan jalan di Metro Tanjung Bunga.
Untuk masuk ke lokasi job fair, para pejuang pekerjaan juga harus bersusah payah menembus pintu. Aksi desak-desakan dan saling dorong terjadi. Lolos melewati pintu masuk, mereka kembali harus antre untuk naik ke lantai dua menggunakan eskalator. Petugas keamanan tampak kewalahan untuk mengatur para pencari kerja.

Kendati Makassar masih berstatus pandemi covid-19 dengan status PPKM level 1, seharusnya protokol kesehatan tetap harus diterapkan. Namun dengan kondisi peserta job fair yang berdesak-desakan, bahkan banyak yang tidak mengenakan masker, protokol kesehatan sudah diabaikan.
Salah seorang peserta job fair, Anisa Tri Harini (25) mengaku cukup kewalahan mengikuti job fair ini. “Kita terpaksa harus berdesak-desakan. Belum lagi harus antre cukup lama supaya kita bisa berada di lokasi tempat perusahaan yang kita incar,” ujar warga dari Kabupaten Maros itu.
Dia mengaku mendapat informasi terkait job fair ini dari media sosial dan pemberitaan di media massa. Sejak pandemi covid-19 terjadi, kata wanita yang akrab disapa Anisa ini, di-PHK dari tempatnya bekerja.
“Setelah itu nganggur. Di rumah saja sambil cari-cari lowongan. Dan Alhamdulillah, Pemkot Makassar menfasilitasi job fair ini. Mudah-mudahan ada rezeki untuk bekerja kembali,” jelasnya.

The post Berdesakan Demi Berburu Lowongan Kerja appeared first on Berita Kota Makassar.

source