Demokrat Buka Ruang Bagi Masyarakat
axel wiryanto
Tuesday, 19 July 2022 04:50 am
dibaca 256 kali

MAKASSAR, BKM–Partai Demokrat tetep membuka ruang karir politik bagi kadernya dan masyarakat luas dengan memberi kesempatan untuk menjadi calon anggota legislatif maupun calon kepala daerah pada porsinya masing masing. Bukan hanya diprioritaskan pada segelintir politisi
Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel Andi Januar Jaury Dharwis, Minggu (17/7).

Menurut Andi Januar, sebagaimana ciri Partai Demokrat yang inklusif dan akhirnya menjadi pilihan bagi individu warga negara Indonesia yang ingin ekspresikan pandangan serta konsepnya. “Tentu ruang ekspresi yang dimaksud adalah eksekutif dan legislatif. Tahapan pemilu 2024 sudah disosialisasikan dengan urutan pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) serta pemilihan anggota legislatif (pileg). Selanjutnya pemilihan kepala daerah (pilkada) di akhir 2024. Kedua event demokrasi ini saling terkait secara langsung utamanya hasil pileg yang menjadi salah satu penentu dalam syarat dan peluang pilkada,”ujar Andi Januar.

Dijelaskan bila keseluruhan partai politik akan mangatur strategi elektoral di situasi ini, tidak terkecuali di Partai Demokrat. Target elektoral pada pileg paling tidak menjaga perolehan hasil pileg 2019 yang lalu. Di sisi lain para calon calon kepala daerah yang notabene memiliki sumber daya elektoral yang kuat dituntut untuk memberi kontribusi elektoral kepada parpol yang akan mengusungnya atau mendukungnya. Namun beberapa calon kepala daerah juga merasa situasi ini membuat “over energy” jika disyaratkan oleh parpol pengusung atau pendukungnya untuk melakoni terlebih dahulu pileg dan pilkada, bahkan beresiko saat pemilih menafsirkan keliru dalam penentuan pilihan baik itu pada pileg maupun pilkada. Apalagi jika calon kepala daerah tersebut merupakan kader utama dari sebuah parpol.

The post Demokrat Buka Ruang Bagi Masyarakat appeared first on Berita Kota Makassar.

source