1.970 Kuota SMP tak Terisi
axel wiryanto
Saturday, 16 July 2022 07:37 am
dibaca 281 kali

MAKASSAR, BKM — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP, baik jalur zonasi dan non zonasi usai dilaksanakan. Hasil evaluasi Dinas Pendidikan Makassar, untuk jenjang SD tidak ada kuota yang kosong. Semua sekolah negeri sudah terisi.
Namun tidak demikian dengan jenjang SMP. Berdasarkan data Disdik, hingga Jumat (8/7) pekan lalu, masih ada ratusan bangku yang masih kosong. Padahal Senin (18/7) pekan depan, semua peserta didik, baik jenjang SD maupun SMP sudah mulai sekolah.
Kepala Dinas Pendidikan Makassar Muhyiddin Mustakim menyebut, jumlah bangku yang masih kosong sebanyak 1.970, tersebar di sejumlah SMP.
“Dari 12.459 kuota untuk jenjang SMP dengan 401 rombongan belajar, yang masih kosong sekitar 1.970,” ungkapnya saat ditemui usai menjadi pembicara di acara Temu Koordinasi Kemitraan Peningkatan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan di Aula Anging Mammiri BPBG, Jalan Adhyaksa, Kamis (14/7).
Dia mencatat, dari 55 SMP negeri yang ada di Makassar, hanya sembilan yang tidak menyisakan kuota kosong. “Sekolah yang kuotanya sudah penuh itu rata-rata sekolah favorit,” terangnya.

Muhyiddin melanjutkan, untuk mengisi kekosongan bangku di sejumlah sekolah, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan para kepala sekolah untuk melakukan pendataan peserta didik yang belum mendapat sekolah.
“Rata-rata itu calon peserta didik yang belum dapat sekolah disebabkan karena mereka ingin bersekolah di tempat favorit,” imbuhnya.
Dia pun menginstruksikan kepada kepala sekolah untuk mendata mereka yang belum mendapat sekolah di wilayah masing-masing untuk dimasukkan ke sekolah sesuai zonasi masing-masing. Selain itu, mereka yang belum mendapatkan sekolah biasanya terbentur persoalan administrasi kependudukan. Dia minta sekolah untuk mengakomodasinya.

The post 1.970 Kuota SMP tak Terisi appeared first on Berita Kota Makassar.

source