Guru Honorer Berkurang 247, Administrasi Membengkak 666 Orang
axel wiryanto
Friday, 15 July 2022 21:28 pm
dibaca 250 kali

MAKASSAR, BKM — Hasil seleksi Laskar Pelangi (Pelayanan Publik Berintegritas) yang digelar belum lama ini membuat tenaga guru honorer berkurang. Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin Mustakim, menyebut ada banyak tenaga guru honorer, baik tingkat SD maupun SMP yang tidak terakomodir. Setelah proses pendaftaran ulang Laskar Pelangi, diketahui sebanyak 247 honorer guru tidak lulus.
Berbeda dengan guru honorer yang berkurang, jumlah tenaga administrasi membengkak menjadi 666 orang, sesuai dengan berkas yang disetor. Padahal, khusus untuk Disdik, jumlah tenaga administrasi yang dibutuhkan hanya sekitar 80 orang. Sementara untuk sekolah, paling hanya butuh satu Laskar Pelangi administrasi untuk staf tata usaha (TU).

“Ini membuat saya bingung bagaimana cara penempatannya. Termasuk bagaimana untuk memenuhi kebutuhan guru yang berkurang setelah proses seleksi Laskar Pelangi selesai,” ungkap Muhyiddin.
Dia mengatakan kekurangan tenaga guru terjadi untuk jenjang SD maupun SMP. Berdasarkan data yang melakukan proses pendaftaran ulang, tenaga ahli guru untuk jenjang SD yang lulus Laskar Pelangi hanya sebanyak 904 orang. Sementara jenjang SMP sebanyak 286 orang.
Padahal sebenarnya yang harus diperbanyak adalah tenaga ahli guru. Total jumlah guru honorer yang tercatat sebelum seleksi Laskar Pelangi sebanyak 1.646 untuk SD dan 412 SMP.

“Seharusnya jumlah tenaga guru yang harus ditambah karena kita kekurangan. Kita sangat butuh tambahan tenaga guru,” jelasnya.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala BKPSDM Makassar Andi Siswanta Attas mengatakan, proses seleksi dan pengumuman Laskar Pelangi sudah selesai. Dirinya sudah tidak punya kewenangan lagi untuk melakukan intervensi. Semua sudah diserahkan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.
“Saya sudah tidak punya kewenangan lagi terkait Laskar Pelangi. Semua diserahkan ke OPD masing-masing,” tuturnya.
Diketahui, pengumuman Laskar Pelangi berdasarkan berita acara nomor: 800/3086/BKPSDMD/VI/2022 tentang pengumuman akhir seleksi Laskar Pelangi Pemkot Makassar tahun anggaran 2022 tertanggal 30 Juni 2022. Dalam berita acara disebut pengumuman penempatan dan jabatan peserta Laskar Pelangi disampaikan melalui akun masing-masing peserta. Peserta seleksi Laskar Pelangi yang telah dinyatakan lulus untuk melapor pada perangkat daerah 4-4 Juli 2022. (rhm)

The post Guru Honorer Berkurang 247, Administrasi Membengkak 666 Orang appeared first on Berita Kota Makassar.

source