Warga Desak Pemprov Perbaiki Jalan Lubang di Poros Mawang-Malino
axel wiryanto
Wednesday, 29 June 2022 23:27 pm
dibaca 261 kali

GOWA, BKM — Sepanjang kurang lebih 100-an meter , badan jalan di poros Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu serta Kelurahan Borongloe, Kecamatan Bontomarannu mengalami rusak parah.
Kerusakan jalan poros yang menghubungkan kota Malino ini pun ternyata membawa petaka bagi mobil truk pengangkut minuman botol kemasan teh pucuk bernopol DD 8711 MQ. Dan sebuah mobil minibus DD 1073 YB. Mobil truk merk Fuso warna hijau ini terbalik dengan kemiringan 45 derajat setelah dua sisi ban sebelah kiri dari arah timur terperosot masuk ke lubang jalan yang memanjang.

Peristiwa mengagetkan warga sekitar lokasi tersebut terjadi pada Jumat malam (24/6) sekitar pukul 20.00 Wita. Sisi kiri body truk yang mengangkut ratusan dus minuman botolan plastik itu mencium aspal. Sementara sebuah mobil jenis minibus yang melaju lambat disampingnya nyaris penyok tertimpa body truk.
Roda ban truk itu salah menginjak jalanan yang lubangnya tidak kelihatan karena tertutupi air genangan yang mengalir dari arah rumah warga. Akibatnya dua ban sebelah kanan truk terangkat dari permukaan aspal rusak. Puluhan mobil yang antrean dari arah barat dan timur terpaksa mengantre lama, macet.
”Mobil truk ini terbalik karena ban nya masuk lubang jalanan yang agak panjang. Untung minibus di samping truk ini bergerak cepat, padahal kalau lambat sedikit saja, maka mobil tersebut bisa tertimpa badan truk. Dinding body minibus itu sdh ringsek sedikit,” kata Saleh, warga Mawang di lokasi kejadian.
Dikatakan Saleh, kondisi jalanan parah berlubang ini sudah terjadi sekian tahun. ”Beberapa bulan lalu sempat diratakan dengan aspal tapi belum cukup sebulan, pengaspalan itupun kembali rusak total, bahkan lubang menganga lebih parah. Bagaimana tidak rusak, air genangan yang mengalir dari saluran irigasi mengalir meluap dan menutupi jalan ini. Warga disini sudah biasa melakukan perbaikan membuat aliran air namun kita pakai alat seadanya jadi hasilnya seadanya juga,” kata Saleh.
Sementara itu, menurut AKP Mangatas Tambunan, mantan Kasi Humas Polres Gowa yang merupakan warga Mawang langsung mengabadikan momen jelang waktu salat Isya tersebut.

The post Warga Desak Pemprov Perbaiki Jalan Lubang di Poros Mawang-Malino appeared first on Berita Kota Makassar.

source