YJI Gowa Diminta Gencarkan Edukasi Kesehatan Jantung ke Masyarakat
axel wiryanto
Friday, 18 October 2024 11:27 am
dibaca 7 kali

GOWA, BKM — Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang tidak menular. Namun manusia sangat rentan terkena serangan jantung, jika tidak memiliki pola hidup sehat sejak dini.
Hal itu ditegaskan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dihadapan para pengurus baru Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten Gowa yang baru saja dilantik pada Rabu (16/10), di rujab bupati Gowa.
Pengurus baru YJI masa bakti 2024-2029 ini diminta optimal dalam bekerja khususnya dalam menekan jumlah penderita jantung dan bagimana mengatasinya.

”Karena itu, saya meminta setelah pelantikan pengurus ini agar mampu terus memberikan edukasi ke masyarakat demi mencegah terjadinya penyakit jantung di Kabupaten Gowa.

Kami minta YJI bisa memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat sehingga permasalahan jantung atau kardiovaskular bisa ditekan di Kabupaten Gowa,” sebut Bupati Gowa dua periode ini.
Adnan pun berharap, YJI mampu memberikan kontribusi terbaiknya kepada Kabupaten Gowa khususnya di bidang kesehatan.
Ketua YJI Kabupaten Gowa yang baru, Tri Oktaviani, mengatakan, sikap YJI adalah berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan terlebih untuk mengurangi angka penderita penyakit jantung dan pembuluh darah di Kabupaten Gowa.

”Program kerja prioritas yang akan kami lakukan pasca pelantikan pengurus baru adalah usaha promotif atau penyuluhan, edukasi dan kampanye terhadap bagaimana upaya kita membangun kesadaran masyarakat untuk bisa menjadi sehat dengan berbagai kegiatan, selanjutnya pencegahan terhadap fisik seperti olahraga, jalan santai, naik sepeda dan kami akan memperbanyak klub-klub jantung sehat hingga di kelurahan/desa,” kata kepala Puskesmas Somba Opu, Kabupaten Gowa ini.

Tri mengatakan, saat ini Gowa telah memiliki 17 Klub Jantung Sehat dan akan terus bertambah karena klub YJI ini yang akan berhubungan langsung dengan masyarakat dalam upaya menyadarkan, memberikan pengetahuan dan mengajak masyarakat umum untuk berpola hidup sehat dengan melakukan olahraga jantung sehat secara teratur, terukur, terarah, dan terawasi.

”Semua ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari penyakit jantung dan pembuluh darah. Harapan kami, YKI akan memberikan kontribusi dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Gowa,” kata Tri.
Pengurus YJI Gowa dilantik oleh Ketua I YJI Sulsel Sittiara dan dihadiri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan berbagai organisasi sosial di Kabupaten Gowa.

(sar)

source