Nomor Urut Pilkada Tana Toraja, Zatria Nomor 1, Pasangan Visi 2
axel wiryanto
Tuesday, 24 September 2024 05:55 am
dibaca 21 kali

MAKALE, BKM — KPU Tana Toraja menggelar pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Tana Toraja di Jl Tingkonan Ada’ Makale, Senin (23/2024).

Diketahui bahwa Pilkada Tana Toraja head to head antara paslon Zadrak-Erianto (Zatria) dan pasangan Viktor-Jhon (Visi).

Zatria diusung 7 parpol yakni Gerindra (6 kursi), Nasdem (6 kursi), PDIP (4 kursi), Perindo (1 kursi), Gelora (1 kursi),  Hanura (1 kursi) dan PKS non kursi.

Sedangkan rivalnya Viktor-John (Visi) diusung partai Golkar (7 kursi), Demokrat (4 kursi), PKB, PAN dan PSI non kursi di parlemen.

Setelah melalui pengundian, pasangan Zatria mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan Visi nomor urut 2.

Saat pengundian, kedua paslon unjuk kekuatan massa pendukungnya yang mengantar jagoannya ke KPU. Di KPU suasana memanas setelah pendukung Zatria dan Visi  tanding yel-yel dan jingle.

dr Zadrak dalam sambutannya mengatakan, Theo-Zadrak (Theza) dalam  kurun waktu 3,5 tahun masa kepemimpinannya telah dirasakan masyarakat hasilnya.

Jika kelak mereka terpilih jadi bupati dan wakil bupati keberhasilan Theza akan dilanjutkan sebab manfaatnya telah dinikmati masyarakat.

Zadrak mengatakan, salah satu keberhasilan dan prestasi Theza di Tana Toraja adalah BPJS Kesehatan gratis bagi warga dimana Pemkab Tana Toraja menganggarkan Rp 35 miliar setiap tahun.

Demikian pula good gavernance Tana Toraja pertama kali mendapat WTP pada LHP dari BPK.

Selanjutnya, kata Zadrak, stunting Tana Toraja di angka 10,3 persen di bawah standar stunting nasional. “Dan tak kalah menarik utang Rp 114 miliar yang ditinggalkan bupati sebelumnya lunas dan itu modal menekan inflasi dalam upaya perbaiki ekonomi masyarakat,” katanya.

Bukan hanya itu Theza juga sudah melaunching BPJS Ketenagakerjaan gratis kepada pekerja rentan. “Prestasi diatas tentunya akan dilanjutkan Zatria,” ujar Zadrak.

Calon Wakil Bupati Erianto L.Paundanan menambahkan, nomor urut 1 diperoleh Zatria itu tanda perkasa. Tekad Satria kedepan, katanya, untuk mewujudkan reformasi hukum  berkeadilan.

“Warga Tana Toraja tidak usah ragu dengan Zatria karena piawai dan jago kelola pembangunan dan tata kelola pemerintahan berbudaya dan berkarakter,” katanya.

Calon Bupati  nomor 2 Viktor Datuan Batara mengatakan, Pilkada adalah pesta demokrasi penuh kegembiraan. Pilkada Tana Toraja tidak ada pertarungan melainkan rivalitas teman tanding.

“Mewujudkan pembangunan berkeadilan, maka Tana Toraja butuh pemimpin tegas. Meski demikian pilihan boleh beda tetapi kebersamaan jauh lebih penting dan utama,” singkat Viktor. (agus)

source