Natalia: BPJS Kesehatan Tana Toraja Tidak Pernah Intervensi Pasien Pilih RS Rujukan
axel wiryanto
Tuesday, 03 September 2024 21:23 pm
dibaca 25 kali

MAKALE, BKM — Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makale, Natalia Panggelo menghadiri media gathering di Kafe Makale, Senin (2/9/2024). 

Kepada media l, Natalia menegaskan, jika BPJS Kesehatan tidak melakukan intervensi terkait rujukan pasien ke Rumah Sakit (RS) di Tana Toraja yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Ia mengatakan jika soal rujukan adalah kewenangan pasien yang bebas memilih 8 rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di 3 Kabupaten Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Di Tana Toraja, kata dia, BPJS Kesehatan bekerja sama selain dengan RS Fatimah, juga ada RSUD Lakipadada, RS Sinar Kasih dan Klinik Harapan Bunda.

Sementara di Toraja Utara  ada RS Elim Rantepao, RS Marampa, dan RS Pongtiku.  Kemudian satu di Enrekang yakni RS Massenrempulu.

“Tidak ada kewenangan BPJS mengintervensi merujuk pasien ke RS mana karena pasien memilih sendiri,” terang Natalia.

Menurut Natalia, pasien cenderung memilih berobat ke RS swasta hampir terjadi di seluruh Indonesia. Menurutnya ini dilatarbelakangi pelayanan di RS swasta lebih baik tidak hanya aspek pelayanan medis saja melainkan RS swasta lebih bersih dan fasilitasnya lengkap.

Keunggulan lain rumah sakit swasta, katanya, adalah kualitas jasa pelayanan lebih bermutu dibandingkan rumah sakit pemerintah.

“Pelayanan ke pasien  baik, ramah, cepat dan sikap tenaga medis lebih profesional menangani pasien,” ujar Natalia. (gus)

source