Anggaran Makan Siang Gratis di Makassar Melalui Kelurahan
axel wiryanto
Tuesday, 27 August 2024 16:52 pm
dibaca 121 kali

MAKASSAR, BKM–Pemerintah Kota Makassar telah siap menerapkan program makan siang gratis untuk anak sekolah setelah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai presiden dan wakil presiden, 20 Oktober 2024 mendatang.

Makan siang gratis merupakan salah satu program strategis yang akan dijalankan oleh Prabowo dan Gibran.
Bahkan, uji coba atau simulasi makan siang gratis sudah dilakukan di beberapa sekolah, baik jenjang SD maupun SMP.
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto saat ditemui di Hotel Four Point By Sheraton, Jalan Andi Djemma, Senin (26/8) mengatakan, Pemerintah Kota Makassar sudah siap untuk melaksanakan program tersebut.

Dia mengaku tidak terlalu sulit untuk merealisasikan karena sejauh ini Pemkot Makassar sudah melaksanakan walaupun dalam bentuk program atau kegiatan yang berbeda.
Orang nomor satu Makassar itu mengatakan, pihaknya sudah menerapkan program makanan bergizi untuk anak dalam melawan stunting.Anggarannya dialokasikan melalui dana kelurahan.
“Jadi kita ada program makan bergizi. Saya minta nanti diubah menjadi program makan gratis.

Itu lebih bagus karena otomatis untuk menjadikan Makassar zero stunting,” ungkap Danny.
Seperti diketahui program makan siang gratis ini sudah diujicobakan di sejumlah daerah, seperti di Bogor, Jawa Barat.

Dalam uji coba di beberapa sekolah, seporsi makan siang yang diberikan ke peserta didik seharga Rp14.900. Menunya berupa nasi, ayam, sayur, dan buah-buatan.
Sementara itu, Maryam salah seorang ibu rumah tangga kepada BKM mengaku senang jika memang program itu bisa terwujud. Pasalnya, jika anak-anak diberi makan siang di sekolahnya otomatis anak-anak tidak lagi sembarang jajan.Bahkan uang jajannya-pun sudah bisa diminimalisir.”Kami sebagai rakyat tinggal menunggu realisasi dari program tersebut.Apalagi, program ini sangat bagus,”singkatnya.(rhm)

source