Potensi Gesekan
axel wiryanto
Monday, 05 August 2024 05:27 am
dibaca 132 kali

BULUKUMBA, BKM — Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono mengajak awak media memproduksi karya jurnalistik yang menyejukkan jelang pemilihan serentak tahun 2024 mendatang saat ngopi bareng di Warkop A5 Bulukumba, Jumat (2/8) Dia menyebut, media merupakan mitra strategis kepolisian dalam menjaga situasi Kamtibmas.

“Mohon dukungan dari rekan media sama-sama menjaga keamanan Pilkada khususnya dalam menyampaikan informasi positif ke masyarakat,” ujar AKBP Andi Erma Suryono saat silaturahmi dengan awak media di Warkop A5 Bulukumba, Jumat (2/8).

“Terima kasih atas kedatangan saudaraku semua. Semakin banyak yang hadir informasinya semakin massif juga di masyarakat,” jelasnya menambahkan.
Silaturahmi ini, dirangkai dalam Focus Grup Discussion (FGD) dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak 2024 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Bulukumba.
Kapolres didampingi Kabag Ops Polres Bulukumba AKP Andi Huseng, Kasat Intelkam Polres Bulukumba Iptu M Muliadi dan Kasi Humas Polres Bulukumba AKP H Marala. Juga hadir sejumlah personel Polres Bulukumba.
Andi Erma Suryono menegaskan komitmennya untuk memperketat pengamanan jelang pelaksanaan Pilkada serentak di Bulukumba. Dia meminta dukungan dan sinergitas seluruh pihak untuk sama-sama menjaga keamanan dan kedamaian.

“Tugas utama dari Polri adalah Harkamtibmas. Alhamdulillah Bulukumba termasuk daerah yang aman. Tapi di momen momen tertentu seperti Pilkada, situasinya berbeda. Potensi gesekan lebih besar dibanding sebelum-sebelumnya,” ungkap Andi Erma Suryono.
Kapolres lebih jauh menyinggung potensi konflik di era globalisasi dan digitalisasi saat ini, di mana tak ada lagi batas-batas komunikasi antara yang satu dengan lainnya. Menurutnya platform media sosial harus dimanfaatkan secara positif.

“Yang terutama tetap menjaga kedamaian di lalulintas media sosial. Di sini juga ada potensi konflik. Mari sama-sama jaga kedamaian, jangan ada provokasi. Kami tetap membuka ruang untuk saran dan masukan-masukan dari rekan-rekan semua,” jelasnya.
Salah satu jurnalis yang hadir, Saiful menyampaikan apresiasi atas komitmen Polres Bulukumba untuk menjaga keamanan dan kedamaian di Pilkada mendatang. Ia menuturkan, Polres Bulukumba sudah teruji mengamankan momen-momen besar.
“Kita bisa lihat bersama saat kunjungan Presiden RI Jokowi di Bulukumba belum lama ini. Bahkan 01 RI nginap di Bulukumba, alhamdulillah semua berjalan aman. Ini menurut saya bukan hal kecil dan patut diapresiasi,” katanya.

Jurnalis lainnya, Rahmatullah berharap agar akses informasi kejadian-kejadian di Pilkada Bulukumba 2024, yang berkaitan dengan pengamanan untuk bisa lebih terbuka. Polres Bulukumba dan jajaran diharap mampu lebih massif untuk informasi pengamanan Pilkada.
“Terutama di jajaran Polsek di Bulukumba untuk intens dan responsif saat dilakukan konfirmasi informasi,” urainya.
“Di media sosial, saya berharap juga Polres Bulukumba intens melakukan sosialisasi edukatif pentingnya menjaga netralitas Polri dan edukasi tentang gangguan kamtibmas selama proses pilkada,” sambungnya. (rls)

source