Warga Minta Karaeng Kio Umumkan Pasangan
axel wiryanto
Sunday, 04 August 2024 00:57 am
dibaca 151 kali

GOWA, BKM–Bakal calon bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio hingga kini tetap merahasiakan partai apa yang bakal dikendarainya kelak. Juga tak mau menyebutkan siapa bakal calon pasangannya nanti meski masyarakat Kecamatan Tombolopao mendesaknya agar segera memperkenalkan calon pasangan dan partai-partai yang mengusungnya.
Desakan itu disampaikan seluruh masyarakat di sembilan desa kelurahan di Tombolopao saat Wakil Bupati Gowa ini melakukan kunjungan tokoh sekaligus menyampaikan sikap politiknya jelang Pilbup Gowa 2024 ini.

Pada kunjungannya di Tombolopao Kamis (1/8) tidak dipungkiri jika Wakil Bupati Gowa dua periode mendampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan tetap dinantikan masyarakat dataran tinggi yang berbatasan dengan Kabupaten Sinjai.

Buktinya dari sembilan desa kelurahan yang didatangi Karaeng Kio, masyarakat yang menyambutnya mengalir. Seperti di Desa Kanreapia, warga yang hadir lebih dari 200-an warga dari berbagai dusun. Begitu juga di Desa Balassuka, Desa Pao dan Kelurahan Tamaona dan Desa Erelembang serta desa lainnya kendati Tombolopao diketahui sebagai basis salah satu bakal calon bupati lainnya.
“Alhamdulillah sambutan masyarakat di Tombolopao cukup besar. Kami menyertai bapak Karaeng Kio melakukan kunjungan silaturahmi di sembilan desa kelurahan di Tombolopoa ini dan ternyata sambutan masyarakat luar biasa. Jumlahnya mencapai seribuan warga pada kunjungan kami yang tersebar di sembilan desa kelurahan. Meski kami ketahui jika beberapa desa kunjungan kami ada yang merupakan basis dari salah satu bakal calon Bupati Gowa, ” jelas Ari Bakri Pato selaku Ketua Tim Bismillah (tagline Karaeng Kio).

Selain antusiasnya masyarakat menyambut kunjungan Karaeng Kio dengan menunjukkan volume kehadiran dalam silaturahmi itu, masyarakat juga ternyata diam-diam mendukung Karaeng Kio jadi Bupati Gowa. Diakui masyarakat bahwa selama ini sejak Karaeng Kio duduk sebagai wakil bupati, pembangunan di dataran tinggi terus meningkat. Bahkan salah satu desa yakni Erelembang tersuplay pembangunan pengaspalan jalan dengan alokasi anggaran tidak sedikit untuk seukuran desa yakni mencapai Rp 20 miliar lebih.

Hal itu diakui sendiri Kades Erelembang Putra Syarif Pabeta saat menyambut kunjungan didesanya.
Selain luapan sukacika yang disampaikan masyarakat, banyak juga yang diam-diam curhat ke Karaeng Kio. Mereka mengatakan, sejak aroma Pilkada menggaung ada informasi digulirkan bahwa Karaeng Kio tidak akan maju mencalonkan diri karena tidak mendapatkan partai.
Mendengar curhatan itu, Karaeng Kio menyikapinya dengan santai dan guyon. Putra Raja Manuju Malaganni Karaeng Bila ini mengatakan, info yang selama ini digelontorkan oknum abal-abal adalah hoaks. Justru dengan adanya info miring itu tak membuat perjuangannya kendor.

“Saya sebutkan jika informasi yang beredar bahwa saya tidak maju karena tidak punya partai itu adalah hoaks. Itu hoaks. Karena kalau saya tidak punya partai maka saya tidak akan keliling kecamatan untuk minta doa restu para tokoh dan masyarakat. Insya Allah saya punya partai pengusung tapi nanti saya sampaikan ke masyarakat saat deklarasi nanti. Insya Allah kalau tidak ada halangan saya akan deklarasi partai pengusung serta calon pasangan saya pertengahan Agustus sebelum pendaftaran di KPU dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024,” tandas Karaeng Kio.
Menurut Wakil Bupati Gowa ini, info tersebut memang sengaja digulirkan oknum abal-abal yang tak ingin dirinya maju.
“Insya Allah, saya akan deklarasi sebelum mendaftar di KPU. Saya hanya butuh restu masyarakat dan terutama restu Allah SWT. Atas seizin beliau insya Allah saya akan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Gowa. Terkhusus restu dari bapak Bupati Gowa pun telah ada. Beliau adalah pimpinan saya, jika beliau sudah mengizinkan maka saya akan jalankan perintah. Itulah bukti keloyalan saya kepada pimpinan, ” tandasnya. (sar/rif)

source