Pj Buka Konsultasi Publik Satu Bahas KLHS
axel wiryanto
Wednesday, 31 July 2024 13:12 pm
dibaca 114 kali

SINJAI, BKM — Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemkab Sinjai menggelar Konsultasi Publik 1 Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Sinjai tahun 2025-2030 di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (30/7).

Pj Bupati Sinjai TR Fahsul Falah dalam sambutannya saat membuka konsultasi Publik KLHS berharap hasil kajian lingkungan hidup ini masuk kedalam Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah.
“Kepada seluruh Perangkat Daerah tolong di Renstra dan Renjanya dimasukkan apa yang menjadi pembahasan hari ini supaya ada kesinambungan terkait lingkungan hidup di seluruh Komponen Perangkat Daerah “ungkapnya

Pelaksanaan KLHS terdapat beberapa tahapan, diantaranya tahap persiapan berupa identifikasi stakeholder, identifikasi data indikator SDGs, pengumpulan data kondisi daerah, data capaian SDGs, analisis capaian SDGs, konsultasi publik 1, analisis daya dukung, daya tampung Lingkungan, skenario pencapaian SDGs dan rekomendasi, kemudian dilanjutkan konsultasi publik dua berupa penjaminan mutu oleh bupati, validasi oleh gubernur, serta integrasi rekomendasi kajian terhadap RPJMD.
Sementara Kepala DLHK Sofwan Sabirin menjelaskan konsultasi publik dilakukan untuk memastikan rencana pembangunan Daerah telah mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan atau SDGs.
“Konsultasi dimaksudkan untuk mendapatkan tanggapan dan masukan terhadap data capaian SDGs sekaligus memastikan bahwa rencana pembangunan Daerah telah mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan di dalam RPJMD-nya,” jelasnya.

Mengingat KLHS sifatnya berupa analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif, maka Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah menyampaikan hal ini penting dilakukan dan dihadiri oleh seluruh unsur terkait, untuk memperoleh tanggapan dan masukan.
“Ini sangat penting karena terkait kajian lingkungan hidup strategis, untuk menentukan lima tahun kedepan,” jelasnya
Hadir dalam konsultasi Pimpinan OPD, Camat, Pokja KLHS, Pihak Akademisi, dan Tim Ahli Penyusun dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Wilayah, Tata Ruang, dan Informasi Spasial (Puslitbang WITARIS) Unhas Makassar, serta beberapa pihak terkait. (din/C)

source