IAS Belum Berpikir Dorong Istrinya
axel wiryanto
Monday, 15 July 2024 19:49 pm
dibaca 82 kali

MAKASSAR, BKM — Kontestasi pemilihan wali kota (pilwali) Makassar kian ramai. Dua pendatang baru mulai diapungkan ke permukaan. Mereka adalah legislator Partai Demokrat DPR RI Aliyah Mustika Ilham, serta politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ilham Fauzi Amir Uskara.

Kedua nama ini menambah deretan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang telah ada sebelumnya, seperti Abdul Rahman Bando, Ady Rasyid Ali, Ahmad Susanto, Amri Arsyid, Busrah Abdullah, Indira Yusuf Ismail, Andi Seto Gadista Asapa, Irwan Adnan, Munafri Arifuddin, Rahman Pina, Rusdin Abdullah dan Riyan Latief.

Aliyah disebut-sebut akan berpaket dengan bakal calon wali kota dari Partai Golkar Munafri Arifuddin alias Appi. Pada sejumlah grup whatsapp, telah beredar flyer yang memasangkan Appi dengan Aliyah Mustika.

Tulisan tagline Makassar Mulia menyertainya. Dalam flyer tersebut, Appi mengenakan jas kuning sementara Aliyah memakai jas Demokrat.
Mantan wali kota Makassar dua periode yang tak lain adalah suami Aliyah, Dr H Ilham Arief Sirajuddin (IAS) yang dimintai tanggapannya terkait wacana tersebut, hanya tersenyum dengan menggunakan emotion. “Hehehe, tidak cantik. Masa maju berdua,” tulis IAS dalam balasan pesan WA yang dikirim ke BKM, Minggu (14/7).

Sebelumnya, IAS menegaskan bila saat ini dirinya masih fokus pada pencalonan di pilgub Sulsel, dan belum memikirkan untuk mendorong istrinya maju di pilwali Makassar. “Saya kan sudah dua tahun jalan.

Tapi kalau itu jadi alternatif, yang pastikan saya memikirkan dulu diriku ini yang sampai sekarang memang dinamika di pusat dalam kontestasi pilgub kan agak tinggi,” jelas IAS.

Meski demikian, dukungan masyarakat untuk istrinya itu menjadi nilai jual sebagai tokoh politik perempuan yang dapat diperhitungkan. “Saya juga bersyukur nilai jual Ibu Aliyah di mata publik sebagai kandidit sangat diperhitungkan,” pungkas IAS yang pernah maju sebagai calon gubernur pada pilgub 2013 lalu.
Adapun Ilham Fauzi Amir Uskara juga disebut cocok mendampingi Indira Yusuf Ismail.

Sejumlah alat peraga sosialisasi (APS) berupa reklame bando dan baliho sudah terpasang di hampir semua poros jalan Kota Makassar.
Tak hanya itu, dalam sejumlah kegiatan, Fauzi yang juga putra ketiga Wakil Ketua MPR RI Amir Uskara itu terlihat bersama Indira. Fauzi memposting foto dirinya bersama Indira di salah satu akun medsosnya dengan caption ‘Makassar Lebih Baik’.

Sekretaris PPP kota Makassar Rahmat Taqwa Qurais (RTQ) mengatakan bahwa semua kemungkinan bisa saja terjadi dalam politik. “Sabarki, kami ingin meneruskan pembangunan Pak Wali Danny Pomanto sehingga tidak terburu-buru menentukan setiap keputusan,” ujar RTQ, Minggu (14/7).
RTQ yang juga anggota DPRD Makassar menyampaikan bahwa PPP sejak awal mendukung Indira tanpa memberikan syarat.

Karena itu, semua keputusan diserahkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar itu.
“Tidak menuntut, tapi dengan kehadiran salah satu kader pada kegiatan tadi pagi (kemarin) menandakan bahwa hubungan koalisi ini sangat baik. Biarkan pihak dari Ibu Indira yang mengumumkan terkait hal tersebut,”ujar RTQ.
Seperti diketahui, PPP merupakan partai pertama yang memberikan rekomendasi kepada Indira, dan rekomendasi itu diserahkan langsung oleh DPP PPP. (jun)

source