Pemkab Takalar Rancang Centra Kawasan Industri di Takalar
axel wiryanto
Friday, 12 July 2024 01:26 am
dibaca 126 kali

TAKALAR, BKM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar terus mendukung kemajuan UMKM yang ada di Kabupaten Takalar. Yakni dengan melakukan kunjungan ke beberapa pelaku usaha, pada Rabu (10/7).

Penjabat (Pj) Bupati Takalar, Setiawan Aswad bersama OPD teknis melakukan kunjungan ke beberapa pelaku usaha. Seperti ke Sentra Meubel Manongkoki di Kelurahan Manongkoki, Kecamatan Polongbangkeng Utara, pengolahan hasil pertanian berupa produksi cabe botol dan sirup di Desa Lengkese, Kecamatan Mangarabombang, produksi garam di Kelurahan Takalar Lama, Kecamatan Mappakasunggu, dan juga mengunjungi pengrajin gerabah di Sandi, Kelurahan Pallantikan, Kecamatan Pattallassang.

Dalam kunjungannya, Pj bupati berdiskusi secara langsung dengan pelaku usaha dan pengrajin.

Setiawan menanyakan terkait kendala-kendala yang dihadapi selama ini dan mengkomunikasikan kepada OPD terkait untuk dapat memberikan dukungan guna pengembangan usaha dan potensi lokal yang ada di Kabupaten Takalar.
Setiawan juga mengatakan, salah satu pilar ekonomi di takalar adalah pelaku industri kecil. Kita coba lihat potensinya dan bagaimana potensi ini bisa kita kembangkan.

”Potensi dari pelaku usaha yang ada di takalar sangat besar. Tinggal bagaimana kita menjadikan industri tersebut naik kelas, tidak hanya bermain ditataran yang selama ini digeluti secara tradisional.

Untuk itu, kita akan membentuk pusat keunggulan atau centra kawasan industri. Jadi kita bisa memperlihatkan ke masyarakat luar bahwa di takalar ada banyak industri yang tidak kalah bagus produksinya,” kata Setiawan. 
Dikatakan pula, pelaku usaha akan dibina dengan baik. Sehingga menghasilkan kualitas yang bagus dan bisa dipasarkan lebih jauh lagi. ”Hari ini kita turun kelapangan untuk melihat kondisi lapangan dan merancang dengan OPD terkait centra kawasan industri di Takalar,” kuncinya. (rls)

source