Presiden Dijadwalkan Hadiri Hari Pahlawan Pongtiku
axel wiryanto
Thursday, 20 June 2024 06:39 am
dibaca 150 kali

RANTEPAO, BKM — Sekretaris Jendral (Sekjen) Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Dating Palebangan mengatakan, Presiden Terpilih Pemilu 2024, Prabowo Subianto dijadwalkan hadir saat pembukaan The Legend of Pongtiku di Lapangan Bakti Rantepao, 2 Juli mendatang.
Dating menjelaskan hal tersebut saat audience dengan mahasiswa UKI Toraja di Kafe Tori, Rantepao, Senin (17/6) lalu, dihadiri Ketua panitia Hari Nasional Pongtiku, Harun Rante Lembang, dan Ketua KNPI Toraja Utara, Belo Tarran. Menurut Dating, Hari Pahlawan Pongtiku akan dimeriahkan giat The Legend of Pongtiku, 2-10 Juni 2024.

Mahasiswa dan pemuda wajar terlibat baik sebagai panitia maupun peserta, sebab semangat Pongtiku patut diteladani generasi muda Toraja tanamkan sikap satria dan berani seperti Pongtiku.
Apalagi kondisi sekarang situasi perang fisik, namun perang psikis melawan kemalasan, rasa minder dan tidak percaya diri, itulah perang anak muda sekarang, sehingga penting bagi anak muda menjalani hidup ini dengan semangat juang pahlawan Pongtiku, ujar Dating Palebangan.

Lanjut Dating, The Legend of Pongtiku dimulai dari Lapangan Bakti Rantepao hingga di Pangala, kampung halaman Pongtiku. Berbagai kegiatan lainnya meriahkan The Legend of Pongtiku seperti bakti sosial, napak tilas Pongtiku, lomba cerdas cermat, kejuaraan tinju PMTI perebutkan Pongtiku Cup, dan lomba konten TikTok.
Bakti Sosial, PMTI digelar operasi bibir sumbing dan katarak gratis di RS Elim Rantepao, dan panitia datangkan dokter spesialis dan ahli di bidangnya dari Jakarta.

Sedangkan operasi bibir sumbing dan katarak dilaksanakan tanhgal 4-10 Juli 2024 akan datang.

Sementara untuk skrining pemeriksaan katarak akan dilakukan 24-25 Juni 2024 di Poli Mata RS Elim Rantepao yang berada di lantai II. Warga, cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga. Dan kegiatan Ini tidak dipungut biaya (gratis), terang Dating Palebangan.
Pongtiku disahkan sebagai Pahlawan Nasional sesuai Kepres RI No: 074/TK/2002, tanggal 6 November 2002 dari Presiden Megawati Soekarnoputri.

Hari Pahlawan Pongtiku diperingati setiap tanggal 10 Juli, bertepatan dengan wafatnya pahlawan asal Pangala, Toraja Utara. Pongtiku meninggal ditembak saat berjuang melawan penjajah Belanda. (gus/C)

source